Pemanfaatan Sumber Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMA N 3 Boyolali

Widawati, Kusrini (2018) Pemanfaatan Sumber Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMA N 3 Boyolali. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (689Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Boyolali; (2) Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Boyolali; dan (3) Pengaruh pemanfaatan sumber belajar dan minat belajar secara bersama-samaterhadap prestasi belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Boyolali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional yang bersifat ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017. Sampel yang terpilih adalah kelas XI IPS 1 dan XI IPS 3 dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket untuk data pemanfaatan sumber belajar dan minat belajar sedangkan teknik dokumentasi untuk data prestasi belajar. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana dan uji regresi berganda dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, Terdapat pengaruh positif yang signifikan pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Boyolali. Kedua, Terdapat pengaruh positif yangsignifikan minat belajar terhadap prestasi belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Boyolali. Ketiga, Terdapat pengaruh positif yang signifikan pemanfaatan sumber belajar dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Boyolali. Kata kunci : Pemanfaatan sumber belajar, minat belajar, prestasi belajar Sosiologi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: Yusuf Fadlila R
    Date Deposited: 12 Jul 2018 15:11
    Last Modified: 12 Jul 2018 15:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41541

    Actions (login required)

    View Item