PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI PENERAPAN TEKNIK CARD SORT PADA SISWA KELAS IV SD N BUMI II NO. 205 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Siwi, Kus Danar (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI PENERAPAN TEKNIK CARD SORT PADA SISWA KELAS IV SD N BUMI II NO. 205 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (682Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Kus Danar Siwi. K7114088. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI PENERAPAN TEKNIK CARD SORT PADA SISWA KELAS IV SD N BUMI II NO. 205 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil keterampilan menulis pantun melalui penerapan teknik Card Sort pada siswa kelas IV SD N Bumi II No. 205 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas IV dan 14 siswa kelas IV SD Negeri Bumi II No.205 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, dimulai dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik dan validitas isi. Data tersebut dianalisis dengan model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ditinjau dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75 diperoleh rata-rata kelas hasil tes pratindakan yaitu 63,90 dengan ketuntasan klasikal 28%, pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 79,40 dengan ketuntasan klasikal 64,3%, pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 84,50 dengan ketuntasan klasikal 83,3%, dan pada siklus III nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 88,20 dengan ketuntasan klasikal 91,67%. Ditinjau berdasarkan nilai rata-rata dari ketiga aspek penilaian keterampilan menulis pantun yakni aspek menulis sampiran pantun, isi pantun, dan menulis pantun sesuai tema secara runtut dapat dikategorikan masing-masing terampil, terampil, dan sangat terampil di siklus akhir. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil keterampilan menulis pantun dapat ditingkatkan melalui penerapan teknik Card Sort pada siswa kelas IV SDN Bumi II No. 205 Surakarta tahun ajaran 2017/ 2018. Kata kunci: keterampilan menulis pantun, teknik Card Sort

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Yusuf Fadlila R
    Date Deposited: 12 Jul 2018 15:08
    Last Modified: 12 Jul 2018 15:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41540

    Actions (login required)

    View Item