PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN PERSUASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALY (SAVI) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 BENER WONOSARI KLATEN TAHUN AJARAN 2017/ 2018

UTOMO, JOKO BUDI (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN PERSUASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALY (SAVI) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 BENER WONOSARI KLATEN TAHUN AJARAN 2017/ 2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (100Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Joko Budi Utomo. K7114083. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN PERSUASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALY (SAVI) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 BENER WONOSARI KLATEN TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Mei 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis karangan persuasi melalui model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) pada siswa kelas IV SD Negeri 2 bener wonosari klaten tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas IV dan 19 siswa kelas IV SD N 2 Bener tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 3 siklus. Tahapan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 2 Bener pada tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa yaitu 19 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan kajian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif dengan 4 komponen, yaitu penyediaan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik validitas data yang digunakan adalah triangulasi. Triangulasi yang digunakan yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan persuasi. Peningkatan hasil keterampilan menulis karangan persuasi diketahui melalui hasil tes yang dilaksanakan pada kondisi awal sebelum dilakukan tindakan ketuntasan siswa pada prasiklus yaitu 0% atau tidak ada siswa yang tuntas, kemudian setelah dilakukan tindakan dengan menerapkan model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) pada pelaksanaan siklus I menjadi 50%, meningkat pada siklus II menjadi 80,53%, dan pada siklus III menjadi 88,89%. Selain peningkatan hasil keterampilan, hasil observasi aktivitas siswa juga meningkat. Hasil observasi aktivitas siswa prasiklus sebesar 1,75 dengan kategori kurang aktif, kemudian pada siklus I menjadi 2,35 dengan kategori baik, pada siklus II menjadi 2,49 dengan kategori baik, dan pada siklus III menjadi 2,97 dengan kategori baik. Dengan demikian, simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan persuasi dan membuat siswa lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran pada siswa kelas IV SD Negeri 2 bener wonosari klaten tahun ajaran 2017/2018. Kata Kunci: Keterampilan menulis karangan persuasi model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Yusuf Fadlila R
    Date Deposited: 12 Jul 2018 14:38
    Last Modified: 12 Jul 2018 14:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41535

    Actions (login required)

    View Item