PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA RAKYAT BERBAHASA JAWA MELALUI METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBASIS MEDIA AUDIO PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017.

Suci Rosiana, Yurike (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA RAKYAT BERBAHASA JAWA MELALUI METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBASIS MEDIA AUDIO PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (783Kb)

    Abstract

    Yurike Suci Rosiana. K4213080. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA RAKYAT BERBAHASA JAWA MELALUI METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBASIS MEDIA AUDIO PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2018.. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan keterampilan menyimak cerita rakyat berbahasa Jawa melalui model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan media audio pada siswa kelas VII G SMP Negeri 14 Surakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 14 Surakarta yang berjumlah 32 siswa. Sumber data yang digunakan berupa tempat, peristiwa, informan, dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Uji validitas data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Hasil penelitian dalam peningkatan keterampilan menyimak cerita rakyat berbahasa Jawa melalui model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dengan media audio pada siswa kelas VII G SMP Negeri 14 Surakarta dapat dikemukakan sebagai berikut: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang diketahui pada pratindakan persentase keaktifan pada aspek bertanya, menjawab pertanyaan, dan berpendapat sebesar 38%, 27%, dan 38%, pada siklus I pertemuan I persentasenya sebesar 54%, 60%, dan 47%, pada pertemuan II persentasenya 70%, 64%, dan 51%, pada siklus II pertemuan I persentasenya sebesar 75%, 71%, dan 71%; (2) meningkatkan keterampilan menyimak cerita rakyat berbahasa Jawa. Pada tahap prasiklus siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 8 siswa (25%), pada siklus I sebanyak 10 siswa (31%), dan pada siklus II sebanyak 26 siswa (81%). Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dengan media audio dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan meningkatkan keterampilan menyimak cerita rakyat berbahasa Jawa. Peningkatan tersebut dapat dilakukan dengan prosedur pembelajaran sebagai berikut: (1) tahap presentasi materi yang dilakukan oleh guru, (2) tahap belajar dalam kelompok yang dilakukan oleh siswa, (3) tahap kuis (quiz), (4) tahap perhitungan skor antar kelompok, dan (5) penghargaan. Kata Kunci: menyimak, cerita rakyat, menyimak cerita rakyat berbahasa Jawa, model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD), media audio

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jawa
    Depositing User: Pratama Wisnu Samodro
    Date Deposited: 11 Jul 2018 14:55
    Last Modified: 11 Jul 2018 14:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41514

    Actions (login required)

    View Item