UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) TERHADAP SISWA SMK KRISTEN 1 SURAKARTA TAHUN 2017

Satya Putri, Yerica (2018) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) TERHADAP SISWA SMK KRISTEN 1 SURAKARTA TAHUN 2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2022Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada siswa SMK Y. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Y yang berjumlah 21 siswa. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari informan, peristiwa dan dokumen. Teknik pengumpulan data melalui wawacara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik untuk keabsahan data digunakan trianggulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan statistk deskriptif komparatif kuantitatif dan model interaktif untuk data kualitatif. Indikator kinerja penelitian ini sebesar 75% peserta didik memperoleh hasil belajar yaitu sebesar 80. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa model pembelajaran TTW dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi. Hal ini dibuktikan pada siklus I dan siklus II bahwa hasil belajar mengalami peningkatan dan dapat terlihat dalam nilai rata-rata dan persentase ketuntasan pada setiap siklus. Ketuntasan minimum dalam penelitian ini sebesar 80, pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 81,19 dengan persentase ketuntasan 57,15%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 90,48 dengan persentase 85,71%. Hal tes juga didukung oleh hasil uji-t (paired sample t-test) yang menunjukkan t-value lebih besar daripada t-tabel (13,92 ≥ 2,08) dan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik menunjukkan peningkatan yang signifikan antara sebelum penerapan model pembelajaran TTW dengan sesudah penerapan model pembelajaran TTW.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Pratama Wisnu Samodro
    Date Deposited: 11 Jul 2018 14:40
    Last Modified: 11 Jul 2018 14:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41510

    Actions (login required)

    View Item