REMEDIASI PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI MODEL ARCS (ATTENTION, RELEVANCY, CONVIDENT, SATISFACTION) UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI PADA MATERI TEORI KINETIK GAS KELAS XI MIA 1 SMA N 1 TERAS BOYOLALI

Taufik, Usman (2018) REMEDIASI PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI MODEL ARCS (ATTENTION, RELEVANCY, CONVIDENT, SATISFACTION) UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI PADA MATERI TEORI KINETIK GAS KELAS XI MIA 1 SMA N 1 TERAS BOYOLALI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (740Kb)

    Abstract

    Usman Taufik. K2311082. REMEDIASI PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI MODEL ARCS (ATTENTION, RELEVANCY, CONVIDENT, SATISFACTION) UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI PADA MATERI TEORI KINETIK GAS SISWA KELAS XI MIA 1 SMA N 1 TERAS. Skripsi,Surakarta:Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Januari 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil miskonsepsi yang dialami siswa pada materi Teori Kinetik Gas, dan mengetahui keefektifan model pembelajaran ARCS dalam mereduksi miskonsepsi yang dialami oleh siswa. Metodologi padapenelitian ini dilakukan melalui pendekatan deskriptif kualitatif.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 SMA N 1 Teras Boyolali tahun pelajaran 2014/2015. Data yang diperoleh pada penelitian ini melalui teknik wawancara dan tes diagnostik yang dilakukan sebelum dan sesudah pembelajaran remediasiberdasarkan konsep CRI (Certaint of Responsibility Index). Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil miskonsepsi siswa secara umum: 1)siswa beranggapan besarnya kelajuan dan energi kinetik partikel gas setelah mengalami tumbukan berubah. 2)Siswa mengalami miskonsepsi dalam memahami hubungan antara tekanan, volume, dan suhu pada hukum-hukum gas ideal. 3)Siswa mengalami miskonsepsi dalam menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi kelajuan efektif gas dan energi kinetik partikel gas. 4)Siswa mengalami miskonsepsi dalam menentukan besarnya energi dalam pada gas monoatomik dan diatomik yang mempunyai suhu bebeda pada sub materi ekipartisi energi. Setelah dilakukan pembelajaran remediasi melalui model ARCS, diperoleh hasil: 1)Pada submateri sifat – sifat gas ideal miskonsepsi berkurang 60,43%, 2)Hukum gas ideal berkurang 62,12%, 3)Teori kinetic gas berkurang 53,65%, dan 4)Prinsip ekipartisi energy berkurang 50% Kata kunci: Teori Kinetik gas, miskonsepsi, ARCS, Reduksi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Pratama Wisnu Samodro
    Date Deposited: 11 Jul 2018 14:20
    Last Modified: 11 Jul 2018 14:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41504

    Actions (login required)

    View Item