PENGARUH PERSEPSI SISWA DENGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TANGGA BERBASIS POWER POINT DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN DI KELAS XI TGB B SMK NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Larasati, Tyas (2018) PENGARUH PERSEPSI SISWA DENGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TANGGA BERBASIS POWER POINT DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN DI KELAS XI TGB B SMK NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1631Kb)

    Abstract

    Tyas Larasati. K1513074. PENGARUH PERSEPSI SISWA DENGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TANGGA BERBASIS POWER POINT DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN DI KELAS IX TGB SMK NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh persepsi siswa dengan penggunaan media pembelajaran tangga berbasis Power Point terhadap prestasi belajar mata pelajaran gambar konstruksi bangunan; (2) pengaruh antara minat belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran gambar konstruksi bangunan; dan (3) pengaruh persepsi siswa dengan penggunaan media pembelajaran tangga berbasis Power Point dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran gambar konstruksi bangunan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI TGB B SMK Negeri 2 Surakarta, dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Ex Post Facto, metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif . Teknik Pengumpulan data yang digunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah, (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi siswa dengan penggunaan media belajar tangga berbasis Power Point dengan prestasi belajar siswa, dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,003 < 0,05. (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa, dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi siswa terhadap penggunaan media belajar tangga berbasis Power Point, minat belajar siswa dan prestasi belajar siswa dilihat nilai Fhitung = 13,038 > dari Ftabel adalah 3,33. Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh persepsi siswa dengan penggunaan media belajar tangga berbasis Power Point dan minat belajar sebesar 62,40 %. Secara parsial persepsi siswa dengan penggunaan media belajar tangga berbasis Power Point memberikan Sumbangan Efektif sebesar 23,40 % dan minat belajar sebesar 39,00%, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : persepsi siswa , Power Point, Minat Belajar , dan Prestasi Belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Pratama Wisnu Samodro
    Date Deposited: 11 Jul 2018 14:15
    Last Modified: 11 Jul 2018 14:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41503

    Actions (login required)

    View Item