Studio Pengembangan Mobile Game di Yogyakarta

Indica, Tamarindus (2018) Studio Pengembangan Mobile Game di Yogyakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (522Kb)

    Abstract

    Komunikasi visual pada bangunan sangat penting dalam perancangan Studio Pengembangan Mobile Game karena berfungsi untuk memunculkan impresi awal bangunan secara visual. Penerapan komunikasi tersebut dilakukan dengan cara mengolah tampilan bangunan berdasarkan kepada prinsip dan sifat-sifat bangunan Studio Pengembangan Mobile Game. Tampilan bangunan Studio Pengembangan Mobile Game diupayakan semaksimal mungkin supaya dapat merepresentasikan sifat interaktif dan dinamis dari sebuah mobile game. Teori metafora dipilih untuk memecahkan permasalahan arsitektur dengan cara mengiaskan sifat-sifat tersebut ke dalam bentuk massa dan ornamentasi bangunan. Permasalahan desain tampilan dapat diselesaikan dengan menggunakan teori metafora gabungan dari metafora abstrak dan metafora konkret. Jenis data yang dikumpulkan berupa data primer yang didapatkan dari tinjauan pustaka literatur terkait teori metafora, meliputi: definisi metafora, gambar-gambar berupa foto tampilan bangunan yang mengaplikasikan teori metafora, aktivitas user, dan kondisi tapak. Setelah data primer terkumpul, tahap selanjutnya adalah menganalisis data tersebut dan menerapkan teori metafora ke dalam tampilan bangunan Studio Pengembangan Mobile Game di Yogyakarta. Penerapan teori metafora gabungan pada tampilan Studio Pengembangan Mobile Game di Yogyakarta menghasilkan tampilan sebagai berikut: sifat interaktif direpresentasikan dengan bentuk sepasang tangan yang menggenggam ornamen tampilan LED sebagai representasi dari layar LCD mobile device, sedangkan sifat dinamis direpresentasikan dengan bentuk massa yang bertingkat-tingkat dan tidak statis. Warna bangunan didominasi dengan warna putih dengan aksen hitam yang memberikan kesan sederhana. Bahan yang digunakan pada dinding bangunan adalah batu bata, sedangkan pada bagian balok dan kolom digunakan bahan beton karena bentuknya yang mudah direkayasa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
    T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    T Technology > TS Manufactures
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Arsitektur
    Depositing User: Pratama Wisnu Samodro
    Date Deposited: 11 Jul 2018 14:08
    Last Modified: 11 Jul 2018 14:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41501

    Actions (login required)

    View Item