STRATEGI KREATIF PADA INSTAGRAM DAN RESPON AUDIENS (Studi Eksperimen tentang Penggunaan Strategi Kreatif Product Benefit dan Strategi Kreatif Special Recipe pada Instagram Granola Creations terhadap Respon Kognitif dan Afektif Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret Angkatan 2015)

Oktia Susaningtyas, Sylvana (2018) STRATEGI KREATIF PADA INSTAGRAM DAN RESPON AUDIENS (Studi Eksperimen tentang Penggunaan Strategi Kreatif Product Benefit dan Strategi Kreatif Special Recipe pada Instagram Granola Creations terhadap Respon Kognitif dan Afektif Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret Angkatan 2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (757Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Sylvana Oktia Susaningtyas. D0213093. STRATEGI KREATIF PADA INSTAGRAM DAN RESPON AUDIENS (Studi Eksperimen tentang Penggunaan Strategi Kreatif Product Benefit dengan Strategi Kreatif Special Recipe pada Instagram Granola Creations terhadap Respon Kognitif dan Afektif Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret angkatan 2015) Terdapat cara baru untuk menyajikan pesan menunjukkan kreativitas dalam penggunaan media pada era digital ini. Dimana strategi kreatif tersebut seringkali digunakan pada produk baru untuk menonjolkan manfaat dari produk tersebut, salah satunya adalah Granola Creations. Fenomena terkini mengenai penggunaan video di instagram sebagai salah satu bentuk penyampaian pesan kreatif iklan telah digunakan oleh merek besar dalam beberapa waktu dekat ini. Salah satunya adalah terdapat special recipe sebagai konten menarik di instagram khususnya untuk produk makanan maupun bahan makanan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori oleh Moriarty yang menyebutkan bahwa dalam hal dampak, penerapan strategi iklan yang berbeda menekankan pola dampak yang berbeda pula. Berdasarkan pemikiran tersebut, peneliti ingin mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan pada respon kognitif dan afektif terhadap mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi angkatan 2015 FISIP UNS yang melihat unggahan video Instagram Granola Creations dengan strategi kreatif product benefit dan special recipe. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan studi eksperimental lapangan.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan populasi mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi angkatan 2015 FISIP UNS yang berjumlah 116 responden.Penelitian dilakukan selama dua kali dalam dua minggu.Kemudian sampel didapatkan sebanyak 60 sampel.Data yang didapatkan diolah dengan uji Mann Whitneyuntuk menguji hipotesis antara dua variabel tingkat kepercayaan sebesar 95% atau tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dua minggu berturut – turut, terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat keberbedaan dan tingkat keinginan menonton kembali. Hal ini menunjukkan bahwa pada minggu pertama dan kedua strategi kreatif special recipe lebih unik dan membuat mereka ingin menonton kembali. Lebih unik dalam hal ini menyangkut konten yang disajikan karena resep punya kelebihan menghadirkan kreativitas yang baru yang sangat terkait dengan produknya, yaitu muesli. Strategi special recipe dinilai lebih mampu untuk menunjukkan perbedaan/keunikannya dan karenanya dapat lebih dapat menarik perhatian khalayak dibandingkan strategi product benefit. Kata Kunci: Strategi Kreatif, Instagram, Special Recipe

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Pratama Wisnu Samodro
    Date Deposited: 11 Jul 2018 14:04
    Last Modified: 11 Jul 2018 14:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41500

    Actions (login required)

    View Item