Aplikasi Model Sains Teknologi Masyarakat dengan Sumber Belajar Lingkungan Sekitar dalam Peningkatan Pembelajaran IPA tentang Gaya pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pandanlor Tahun Ajaran 2015/2016

, Supriyadi (2018) Aplikasi Model Sains Teknologi Masyarakat dengan Sumber Belajar Lingkungan Sekitar dalam Peningkatan Pembelajaran IPA tentang Gaya pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pandanlor Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (241Kb)

    Abstract

    Aplikasi Model Sains Teknologi Masyarakat dengan Sumber Belajar Lingkungan Sekitar dalam Peningkatan Pembelajaran IPA tentang Gaya pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pandanlor Tahun Ajaran 2015/2016.Tujuan penelitian ini untukmeningkatkan pembelajaran IPA tentang gaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi model STM dengan sumber belajar lingkungan sekitar dapat meningkatkan pembelajaran IPA tentang gaya. Peningkatan pembelajaran IPA dari 58,63% pada siklus I, meningkat menjadi 80% pada siklus II dan meningkat lagi menjadi 96% pada siklus III. Simpulan penelitian ini adalah aplikasi model Sains Teknologi Masyarakat dengan sumber belajar lingkungan sekitar dapat meningkatkan pembelajaran IPA tentang gaya pada siswa kelas IV SDN Pandanlor Tahun Ajaran 2015/2016.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Pratama Wisnu Samodro
    Date Deposited: 11 Jul 2018 13:58
    Last Modified: 11 Jul 2018 13:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41498

    Actions (login required)

    View Item