HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN PENALARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI DI KABUPATEN KEBUMEN

Amar Sagiarti L, Sri (2018) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN PENALARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI DI KABUPATEN KEBUMEN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1121Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Sri Amar Sagiarti Luguy. S841402034. 2012. Hubungan antara Kemampuan Penalaran dan Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Menulis Argumentasi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri di Kabupaten Kebumen. Tesis. Pembimbing: Dr. Budhi Setiawan, M.Pd. Kopembimbing: Dr. Sumarwati, M.Pd. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya (1) hubungan antara kemampuan penalaran dan kemampuan menulis argumentasi, (2) hubungan antara kemandirian belajar dan kemampuan menulis argumentasi, dan (3) hubungan antara kemampuan penalaran dan kemandirian belajar secara bersama-sama dengan kemampuan menulis argumentasi. Penulisan ini dilaksanakan di SMA Negeri di Kabupaten Kebumen, bulan November 2014 hingga April 2015. Metode penulisan yang digunakan adalah metode survei dengan teknik korelasional. Populasi penulisan ini adalah siswa kelas X SMA SMA Negeri di Kabupaten Kebumen. Sampel berjumlah 120 orang yang diambil dengan cara multistage random sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan menulis argumentasi, tes kemampuan penalaran, dan angket kemandirian belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik regresi dan korelasi (sederhana dan ganda). Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan positif yang signifikanantara kemampuan penalaran dan kemampuan menulis argumentasi (ry.1 = 0,97 pada taraf nyata α = 0,05 di mana to = 43,34 >tt = 1,66); (2) ada hubungan positif yang signifikan antara kemandirian belajar dan kemampuan menulis argumentasi (ry.2 = 0,78 pada taraf nyata α = 0,05 dimana to = 21,64 >tt = 1,66) ; dan (3) ada hubungan positif yang signifikan antara kemampuan penalaran dan kemandirian belajar secara bersama-sama dengan kemampuan menulis argumentasi (R y.12 =0,97 pada taraf nyata α = 0,05 dimana Fo = 880,04 > Ft = 3,07). Bertolak dari penulisan di atas dapat dinyatakan bahwa secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama kemampuan penalaran dan kemandirian belajar memberikan sumbangan yang berarti kepada kemampuan menulis argumentasi. Ini menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut dapat menjadi prediktor yang baik bagi kemampuan menulis argumentasi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
    P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Doktor
    Pascasarjana > Doktor > Pendidikan Bahasa Indonesia - S3
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Pratama Wisnu Samodro
    Date Deposited: 11 Jul 2018 13:45
    Last Modified: 11 Jul 2018 13:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41495

    Actions (login required)

    View Item