Pengaruh Pembelajaran Discovery Terbimbing Menggunakan Metode Eksperimen dan Demonstrasi Terhadap Kemampuan Kognitif Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa

Khoirunika, Siti (2018) Pengaruh Pembelajaran Discovery Terbimbing Menggunakan Metode Eksperimen dan Demonstrasi Terhadap Kemampuan Kognitif Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (652Kb)

    Abstract

    Siti Khoirunika. PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY TERBIMBING MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA. Skripsi.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh pembelajaran Discovery Terbiming dengan menggunakan metode eksperimen dan metode demonstrasi terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa, (2) ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh antara aktivitas belajar siswa kategori tinggii dan rendah terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa, (3) ada atau tidak adanya interaksi pengaruh antara penggunaan pembelajaran discovery terbimbing dan aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan sampel yang terpilih yakni kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Data dianalisis menggunakan uji anava dua jalan dengan isi sel tak sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan pengaruh antara pembelajaran discovery terbimbing dengan menggunakan metode eksperimen dan metode demonstrasi terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa pada materi Fluida Statis (Fobs = 8,72> Ftabel = 4,00), (2) ada perbedaan pengaruh antara aktivitas belajar siswa kategori tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa (Fobs = 63,04> Ftabel = 4,00), (3) tidak ada interaksi pengaruh antara penggunaan pembelajaran discovery terbimbing dan aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa (Fobs = 0,499< Ftabel = 4,00). Kata kunci : Model pembelajaran discovery terbimbing, metode eksperimen, metode demonstrasi, kemampuan kognitif, aktivitas belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Pratama Wisnu Samodro
    Date Deposited: 11 Jul 2018 11:56
    Last Modified: 11 Jul 2018 11:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41491

    Actions (login required)

    View Item