UPAYA MENINGKATAKAN PELAYANAN PRAMUWISATA BAGI KEPUASAN WISATAWAN DI MUSEUM RADYAPUSTAKA

Dewi Lestari, Rofi (2018) UPAYA MENINGKATAKAN PELAYANAN PRAMUWISATA BAGI KEPUASAN WISATAWAN DI MUSEUM RADYAPUSTAKA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (300Kb)

    Abstract

    Rofi Dewi Lestari, C9414047. 2017. “Upaya Meningkatkan Pelayanan Pramuwisata Bagi Kepuasan Wisatawan di Museum Radyapustaka”. Program Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Sebelas Maret . Museum Radyapustaka merupakan salah satu destinasi wisata bersejarah yang berada di Kota Surakarta. Tempatnya yang begitu startegis, sangat mudah dijangkau oleh para wisatawan. Seorang petugas pramuwisata sangat dibutuhkan dalam menjelaskan sejarah dan menjelaskan koleksi yang ada di Museum Radyapustaka. Maka dari itu penulis mengambil pelayanan yang diberikan di Museum Radyapustaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa penilaian wisatawan terhadap pelayanan para petugas pramuwisata di Museum Radyapustaka, serta untuk mengetahui apa saja upaya dari pihak Museum Radyapustaka untuk meningkatkan pelayanan yang diberikan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan didukung dengan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa, observasi dengan mengamati secara langsung saat Museum Radyapustaka di buka sampai tutup, dan membagikan kuisioner untuk beberapa wisatawan yang berkujung di Museum Radyapustaka. Metode studi pustaka digunakan sebagai bahan pendukung refrensi dalam analisis penelitian. Studi dokumen digunakan untuk melenglkapai data penelitian Hasil dari penelitian ini, menjelaskan hasil dari kuisioner tentang kepuasan wisatawan terhadap pelayanan pramuwisata di Museum Radyapustaka yang diambil dari 5 dimensi (Tangibility, Reliability, Ressponsiveness, Assurance, Emphaty) menunjukan jawaban mayoritas responden adalah puas dan biasa saja. Kemudian upaya dari pihak Museum Radyapustaka dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Museum Radyapustaka yang awalnya responden menjawab puas dan biasa saja agar menjadi sangat memuaskan. Dan kendala apa saja yang dihadapi pramuwisata saat dalam melayai wisatwan yang sedang berkunjung ke Museum Radyapustaka. Kesimpulan dari penelitian ini dalam kepuasan wisatawan, responden mayoritas memilih puas dan biasa saja dalam melayai wisatawan. Sedangkan upaya yang dilakukan pihak Museum Radyapustaka sudah berupaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan, adapun salah satu kendala yang dihadapi pramuwisata adalah banyaknya wisatawan dalam satu rombongan membuat informasi yang disampaikan tidak trsampaikan dengan baik. Kata kunci :Pramuwisata, Wisatwan, Kepuasan Wisatwan, Peningkat Pelayanan, Museum Radyapustaka

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Usaha Perjalanan Wisata
    Depositing User: Pratama Wisnu Samodro
    Date Deposited: 11 Jul 2018 11:31
    Last Modified: 11 Jul 2018 11:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41482

    Actions (login required)

    View Item