PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA SMA BERBASIS DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI DINAMIKA ROTASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Setiawan P, Robert (2018) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA SMA BERBASIS DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI DINAMIKA ROTASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (806Kb)

    Abstract

    Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: 1) mengetahui karakteristik modul pembelajaran Fisika berbasis Discovery Learning (DL) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, 2) mengetahui kelayakan modul pembelajaran Fisika berbasis Discovery Learning (DL) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, 3) mengetahui efektivitas modul pembelajaran Fisika berbasis Discovery Learning (DL) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, untuk mengembangan modul fisika berbasis CTL, pengembangan ini menggunakan model 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan dengan tahapan pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Sampel pengembangan meliputi sampel validasi produk sejumlah 7 validator, sampel uji coba terbatas sejumlah 15 orang siswa, dan sampel uji coba diperluas sejumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dimulai dengan tahap tes awal kemampuan berpikir kritis, studi pendahuluan, desain produk, validasi draf I, uji coba produk secara terbatas dan diperluas. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi modul, silabus, RPP, kisi-kisi soal hasil belajar, serta angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) karakteristik modul pembelajaran fisika sma berbasis DL dengan pendekatan CTL pada materi dinamika rotasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang memuat enam sintaks DL dan tujuh komponen utama pembelajaran CTL; 2) kelayakan modul pembelajaran fisika sma berbasis DL dengan pendekatan CTL pada materi dinamika rotasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dinilai berkualifikasi sangat baik oleh penilaian ahli materi, ahli media dan ahli bahasa serta berkualifikasi baik menurut peer reviewer dan praktisi; 3) efektifitas peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan modul pembelajaran fisika SMA berbasis DL dengan pendekatan CTL pada materi dinamika rotasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa memiliki kriteria efektif yang sedang dengan pencapaian KKM sebesar 72,23%. Kata kunci: modul pembelajaran, Discovery Learning (DL), Contextual Teaching and Learning (CTL), berpikir kritis, dinamika rotasi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > Q Science (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Pratama Wisnu Samodro
    Date Deposited: 11 Jul 2018 11:28
    Last Modified: 11 Jul 2018 11:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41481

    Actions (login required)

    View Item