UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMORI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DILENGKAPI DENGAN MEDIA WEBQUEST PADA SISWA KELAS XI IPA 2 SEMESTER II SMAN 2 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Irsyadi, Rizki (2018) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMORI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DILENGKAPI DENGAN MEDIA WEBQUEST PADA SISWA KELAS XI IPA 2 SEMESTER II SMAN 2 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1042Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Rizki Irsyadi. K3313062. UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMORI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DILENGKAPI DENGAN MEDIA WEBQUEST PADA SISWA KELAS XI IPA 2 SEMESTER II SMAN 2 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memori dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (circ) dilengkapi media webquest pada materi sistem koloid. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017. Sumber data penelitian adalah siswa, guru dan peristiwa yaitu kegiatan siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kajian dokumen, angket, dan tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di lengkapi media WebQuest pada materi sistem koloid siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017 dapat meningkatkan kemampuan memori siswa. Peningkatan tersebut dapat di lihat dari presentase ketercapaian kemampuan memori siswa pada siklus I 54,54% menjadi 78,79% pada siklus II. 2) Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di lengkapi media WebQuest pada materi sistem koloid siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017 dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat di lihat dari hasil prestasi belajar siswa aspek kognitif pada siklus I sebesar 57,58% pada siklus I meningkat menjadi 81,82% pada siklus II. Prestasi belajar aspek afektif mencapai 93,94% pada siklus I dan meningkat menjadi 96,97% pada siklus II. Prestasi belajar aspek psikomotor siklus I telah mencapai 100%. Kata kunci: CIRC, WebQuest, Kemampuan Memori, Prestasi Belajar, Koloid

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Pratama Wisnu Samodro
    Date Deposited: 10 Jul 2018 16:19
    Last Modified: 10 Jul 2018 16:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41479

    Actions (login required)

    View Item