pengaruh intensitas penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar IPA siswa SD sekecamatan Adipala tahun ajaran 2017/ 2018

Aziz, Rindi (2018) pengaruh intensitas penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar IPA siswa SD sekecamatan Adipala tahun ajaran 2017/ 2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1527Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Rindi Aziz. K7114148. PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA IPA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SD SEKECAMATAN ADIPALA TAHUN AJARAN 2017/ 2018. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta, Januari 2018. Tujuan penelitian ini yaitu (1) membuktikan perbedaan yang signifikan pengaruh intensitas penggunaan alat peraga IPA terhadap hasil belajar IPA kelas V dan (2) mengetahui intensitas manakah yang memberikan pengaruh lebih baik terhadap hasil belajar IPA kelas V. Penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode expost facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD di Kecamatan Adipala tahun ajaran 2017/ 2018. Penelitian ini menggunakan teknik sampling proportionate stratified cluster random sampling. Sampel yang digunakan adalah 6 sekolah. Teknik pengumpulan berupa angket dan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan yaitu anava satu jalur. Uji prasyarat analisis menggunakan homogenitas dan normalitas. Uji lanjut menggunakan uji scheffe. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat perbedaan signifikan pengaruh intensitas penggunaan alat peraga IPA terhadap hasil belajar IPA [(Fhitung (11,621) > F tabel (3,05)] dan (2) intensitas penggunaan alat peraga yang sering digunakan memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar IPA siswa SD Se-kecamatan Adipala tahun ajaran 2017/ 2018 yang dibuktikan dengan nilai mean 27,97. Kata Kunci: IPA, Alat peraga, intensitas

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Pratama Wisnu Samodro
    Date Deposited: 10 Jul 2018 16:07
    Last Modified: 10 Jul 2018 16:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41476

    Actions (login required)

    View Item