Analisis Efisiensi Pemasaran Kopi di Kabupaten Temanggung

Riana Yuspita, Reni (2018) Analisis Efisiensi Pemasaran Kopi di Kabupaten Temanggung. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (397Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi pemasaran secara ekonomis kopi robusta di Kabupaten Temanggung. Penentuan sampel petani menggunakan metode accidental sampling dengan jumlah 60 sampel petani, sedangkan sampel lembaga menggunakan snowball sampling. Metode dasar penelitian ini adalah deskriptif analitis dengan teknik survey. Metode analisis data yaitu Cost margin analysis, dengan menghitung biaya, keuntungan, marjin pemasaran, dan farmer’s share. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga pola saluran pemasaran kopi di Kabupaten Temanggung. Saluran pemasaran I: petani - pedagang desa - pedagang pengumpul kecamatan - konsumen luar kota. Saluran pemasaran II: petani - pedagang pengumpul kecamatan - konsumen luar kota. Saluran pemasaran III: petani - konsumen akhir konsumsi. Ketiga saluran pemasaran sudah dikatakan efisien, tetapi saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran ke III karena mempunyai nilai margin pemasaran terendah 20,91% dan nilai farmer’s share tertinggi 79,19%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
    S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Pratama Wisnu Samodro
    Date Deposited: 10 Jul 2018 14:32
    Last Modified: 10 Jul 2018 14:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41469

    Actions (login required)

    View Item