Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Menggambar Bentuk Fauna Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi 3 Purwosuman Sragen Tahun Ajaran 2016/2017

Nurrohmah, Qois (2018) Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Menggambar Bentuk Fauna Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi 3 Purwosuman Sragen Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1455Kb)

    Abstract

    Qois Nurrohmah. K8113066. PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR BENTUK FAUNA PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI 3 PURWOSUMAN SRAGEN. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menggambar bentuk fauna melalui penerapan metode demonstrasi pada anak kelompok B TK Pertiwi 3 Purwosuman Sragen tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Pertiwi 3 Purwosuman Sragen yang berjumlah 23 anak.Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes.V aliditas data kuantitatif menggunakan validitas konstruk.Validitas data kualitatif menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data kuantitatif menggunakan teknik statistik deskriptif komparatif untuk membandingkan hasil antar siklus dan menggunakan model analisis interaktif model Miles and Hubbermen yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menggambar bentuk fauna pada setiap siklus. Ketuntasan kemampuan menggambar bentuk fauna pada pratindakan sejumlah 7 anak atau 30,43%. Pada siklus I ketuntasan meningkat menjadi 14 anak atau 60,86%. Pada siklus II diperoleh ketuntasan menjadi 19 anak atau 82,61%. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan anak mampu menggambar bentuk fauna sesuai gagasannya dari simbol angka dan huruf, anak mampu meniru dan membuat bentuk gambar dengan tepat mendekati objek nyata, anak mampu menggambar bentuk bagian-bagian fauna secara detail dengan menggunakan media warna. Kata kunci: kemampuan menggambar bentuk fauna , metode demonstrasi, anak usia dini. ABSTRACT Qois Nurrohmah. K8113066. THE IMPLEMENTATION OF DEMONSTRATION METHOD TO INCREASING THE FAUNA DRAWING ABILITY FORCHILDREN GROUP B OF TK PERTIWI 3 PURWOSUMAN SRAGEN KINDERGARTEN ACADEMIC YEAR 2016/2017. Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty of Sebelas Maret University. December 2017. This research is proposed to increasing Fauna-form drawing ability through the application of demonstration methode to student Group B TK Pertiwi 3 Purwosuman Sragen at academic year of 2016/2017. This research is a Class Action Reseach (PTK) that has done in two cycles in which every cycle consist of four steps, those are planning, action, research, and reflection. The subject for the research is student in Group B of TK Pertiwi 3 Purwosuman Sragen that consists of 23 children in total. The data collection technique has done through observation, interview, task giving methode and documentation. The quantitative validity of the data using construct validity. The qualitative validity of the data using source triangulation and technique triangulation.The data analysis quantitative using comparative statistics description technique to comparing the result of every cycle and the using of interactive analysis model by Miles and Hubbermen which consists of data collection, data reduction, the presentation and conclusion. The result of this research shows thatthere’s anincrease of fauna-form drawing skill in every cycle. At pra-action step completeness of fauna-form drawing ability about 7 children or 30,43%. At cycle I, it ncreased into 14 children or 60,86%.At cycle II, we got the level of completeness into 19 children or 82,61%. Those enhancement proven by the child be able to draw the form of fauna based on their imagination from the symbol of number and letters, the children can imitate and make a picture close to the real objects, children be able to draw the parts of fauna in detail using colours media. Keywords: Fauna drawing ability, demonstration methode, early-age children

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Pratama Wisnu Samodro
    Date Deposited: 10 Jul 2018 14:08
    Last Modified: 10 Jul 2018 14:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41464

    Actions (login required)

    View Item