PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) BERBANTUAN BUKU SAKU UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK STOIKIOMETRI KELAS X IPA 6 SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Galyuh L P, Primadi (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) BERBANTUAN BUKU SAKU UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK STOIKIOMETRI KELAS X IPA 6 SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (803Kb)

    Abstract

    PRIMADI GAYUH LAKSONO PUTRO.K3312060. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) BERBANTUAN BUKU SAKU UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK STOIKIOMETRI KELAS X IPA 6 SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret. Surakarta, Desember 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan (1) minat siswa pada materi Stoikiometri melalui penerapan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) berbantuan buku saku dalam kegiatan pembelajaran pada materi stoikiometri, (2) prestasi belajar siswa pada materi stoikiometri melalui penerapan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) berbantuan buku saku dalam kegiatan pembelajaran pada materi stoikiometri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 6 SMA Negeri 2 Karanganyar yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan non tes (observasi, wawancara dan angket). Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) berbantuan buku saku pada pembelajaran materi stoikiometri dapat meningkatkan minat siswa kelas X IPA 6. Ketercapaian minat siswa pada siklus I sebesar 100%, hanya dilaksanakan dalam I siklus (2) Penerapan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) berbantuan buku saku pada pembelajaran materi stoikiometri dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X IPA 6 ditunjukkan dari aspek pengetahuan siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 41,38% dan siklus II meningkat menjadi 72,41%. Aspek sikap dilaksanakan I siklus dengan ketercapaian sebesar 100%. Aspek Keterampilan dilaksanakan I siklus dengan ketercapaian sebesar 100%. Kata Kunci: Team Assisted Individualization, Buku Saku, minat, prestasi belajar, Stoikiometri

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Pratama Wisnu Samodro
    Date Deposited: 10 Jul 2018 12:32
    Last Modified: 10 Jul 2018 12:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41461

    Actions (login required)

    View Item