Penggunaan Teknik Brainwriting untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas IvV SD Negeri Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017

Resty Hidayati, Yesinta (2018) Penggunaan Teknik Brainwriting untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas IvV SD Negeri Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (496Kb)

    Abstract

    Yesinta Resty Hidayati. K7112273. PENGGUNAAN TEKNIK BRAINWRITING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2017. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan teknik Brainwriting pada siswa kelas IV SD Negeri Karanganyar tahun ajaran 2016/ 2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus melalui empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Subek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Karanganyar tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 39 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan menulis karangan narasi pada pratindakan sebesar 67,05, kemudian pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 73,36, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 82,63. Pada saat sebelum dilaksanakan tindakan, siswa yang memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 71 hanya 11 siswa (28,21%), pada siklus I meningkat menjadi 26 siswa (66,67%), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 35 siswa (89,74%). Berdasarkan hasil di atas maka dapat diambil simpulan bahwa penggunaan Teknik Brainwriting dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SD Negeri Karanganyar tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Brainwriting, keterampilan, menulis karangan narasi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Pratama Wisnu Samodro
    Date Deposited: 10 Jul 2018 11:25
    Last Modified: 10 Jul 2018 11:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41457

    Actions (login required)

    View Item