PRODUKSI RUANG WISATA DALAM PERSPEKTIF RITME GEOGRAFI DI DESA LUBUK BERINGIN KECAMATAN BATHIN III ULU KABUPATEN BUNGO PROVINSI JAMBI sebagai bahan ajar materiembelajaran kurikulum muatan lokal Lubuk Larangan dan Hutan Desa di Kabupaten Bungo

Purwanto, Wahyu (2018) PRODUKSI RUANG WISATA DALAM PERSPEKTIF RITME GEOGRAFI DI DESA LUBUK BERINGIN KECAMATAN BATHIN III ULU KABUPATEN BUNGO PROVINSI JAMBI sebagai bahan ajar materiembelajaran kurikulum muatan lokal Lubuk Larangan dan Hutan Desa di Kabupaten Bungo. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (679Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini memberikan gambaran mengenai produksi ruang berwisata yang secara tidak langsung terbentuk dari konservasi berbasis kearifan lokal yang dilakukan masyarakat di Desa Lubuk Beringin. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana produksi ruang berwisata terjadi di sekitar lubuk larangan dan hutan desa di Desa Lubuk Beringin, Kecamatan Bathin III Ulu, Kabupaten Bungo dengan menggunakan rhytmanalysis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan etnografi dalam memahami praktik keseharian masyarakat. Hasilnya ialah konservasi berbasis kearifan lokal secara tidak langsung menghasilkan ruang baru yaitu ruang berwisata di Desa Lubuk Beringin. Dampaknya ialah munculnya pekerjaan – pekerjaan baru bagi masyarakat, pergeseran tempat kegiatan sehari – hari masyarakat serta munculnya intervensi dari pemerintah di lokasi wisata.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
    G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup
    Depositing User: Pratama Wisnu Samodro
    Date Deposited: 10 Jul 2018 11:15
    Last Modified: 10 Jul 2018 11:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41455

    Actions (login required)

    View Item