PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MENGHARGAI JASA DAN PERANAN TOKOH PERJUANGAN DALAM MEMPERSIAPKAN KEMERDEKAAN INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SD N Tawangmangu Tahun Pelajaran 2016/2017)

, Marsono (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MENGHARGAI JASA DAN PERANAN TOKOH PERJUANGAN DALAM MEMPERSIAPKAN KEMERDEKAAN INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SD N Tawangmangu Tahun Pelajaran 2016/2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (846Kb)

    Abstract

    Marsono. “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Menghargai Jasa dan Peranan Tokoh Perjuangan Dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SD N Tawangmangu Tahun Pelajaran 2016/2017)”. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Surakarta, Oktober 2017. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give pada siswa kelas V SD N Tawangmangu tahun pelajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung dalam dua siklus di mana setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD N Tawangmangu dengan jumlah siswa yaitu 22 siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give dapat meningkatkan pemahaman kosep menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SD N Tawangmangu tahun pelajaran 2016/2017. Sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give terlihat siswa yang mencapai KKM hanya terdiri dari 5 siswa atau 22,73% pada data pratindakan. Pada siklus pertama dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give ketuntasan siswa meningkat menjadi 50%. Pada siklus kedua dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give ketuntasan siswa naik menjadi 81,82%. Dari hasil penelitian yang saya lakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give dapat meningkatkan pemahaman konsep menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SD N Tawangmangu tahun Pelajaran 2016/2017. Kata Kunci: Pemahaman konsep, menghargai jasa peranan tokoh perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia, model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Pratama Wisnu Samodro
    Date Deposited: 10 Jul 2018 11:08
    Last Modified: 10 Jul 2018 11:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41453

    Actions (login required)

    View Item