Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning dengan Bantuan Media Kartu Pembelajaran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Kimia pada Materi Pokok Reaksi Redoks Siswa Kelas X MIPA 3 Semester Genap SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017

Suryaningrum, Latifah (2018) Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning dengan Bantuan Media Kartu Pembelajaran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Kimia pada Materi Pokok Reaksi Redoks Siswa Kelas X MIPA 3 Semester Genap SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1059Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Latifah Suryaningrum. K3313039. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN BANTUAN MEDIA KARTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PADA MATERI POKOK REAKSI REDOKS SISWA KELAS X MIPA 3 SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi pokok reaksi redoks kelas X MIPA 3 SMA Negeri 2 Surakarta melalui penerapan model pembelajaran guided discovery learning dengan bantuan media kartu pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 34 siswa. Objek penelitian adalah aktivitas dan prestasi belajar siswa. Aktivitas meliputi visual activities, oral activities, listening activities, writing activities, motor activities, mental activities, dan emotional activities. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, angket, dan studi dokumentasi, selanjutnya dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode. Prosedur penelitian adalah model Kemmis dan Mc Taggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran guided discovery learning dengan bantuan media kartu pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa dari prasiklus ke siklus I dan siklus II. Persentase ketercapaian aktivitas belajar siswa saat siklus I sebesar 82,35% meningkat menjadi 94,12% pada siklus II. Sedangkan untuk prestasi belajar aspek pengetahuan pada siklus I sebesar 58,82% meningkat menjadi 85,65% pada siklus II, aspek sikap sebesar 97,06% pada siklus I, dan aspek keterampilan sebesar 100% pada siklus I. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran guided discovery learning dengan bantuan media kartu pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar kimia pada materi pokok reaksi redoks siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Kata Kunci: guided discovery learning, aktivitas belajar, prestasi belajar, redoks, kartu

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Pratama Wisnu Samodro
    Date Deposited: 10 Jul 2018 10:47
    Last Modified: 10 Jul 2018 10:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41448

    Actions (login required)

    View Item