FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPULSE BUYING

JUANITA, NOVA (2010) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPULSE BUYING. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (577Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi impulse buying produk fashion Matahari department store Surakarta, yang diformulasikan dalam sembilan hipotesis. Faktor-faktor tersebut adalah consumer excitement, consumer esteem, dan pengetahuan produk yang dipengaruhi oleh word of mouth dan norma sosial. Fokus dari penelitian ini yaitu penjelasan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi impulse buying produk fashion Matahari departement store di Surakarta dimana variabel dependennya adalah impulse buying behavior dan variabel independennya adalah excitement, esteem, dan pengetahuan produk yang dipengaruhi oleh faktor word of mouth dan norma sosial. Sedangkan impulse buying intention merupakan variabel mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional dengan metode survei. Populasi penelitian adalah semua pengunjung yang pernah melakukan pembelian tanpa rencana (impulse buying) produk fashion di Matahari department store Surakarta. Sampel yang diambil sebanyak 200orang. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Alat analisis yang digunakan untuk menguji model tersebut dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan program AMOS versi 6.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Impulse buying intention secara signifikan tidak memediasi hubungan antara impulse buying behavior dan variabel antesedennya. (2) Consumer excitement berpengaruh positif terhadap impulse buying intention. (3) Consumer excitement berpengaruh positif terhadap impulse buying behavior. (4) Consumer esteem berpengaruh positif terhadap impulse buying intention. (5) Consumer esteem berpengaruh negatif terhadap impulse buying behavior. (6) Pengetahuan produk berpengaruh positif terhadap impulse buying intention. (7) Pengetahuan produk berpengaruh positif terhadap impulse buying behavior. (8) Word of mouth berpengaruh positif terhadap pengetahuan produk. (9) Social norms berpengaruh positif terhadap pengetahuan produk.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Faisal Adhinata
    Date Deposited: 15 Jul 2013 01:49
    Last Modified: 15 Jul 2013 01:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4144

    Actions (login required)

    View Item