Analisis Potensi Pariwisata Waduk Mulur dan Arah Pengembangannya Tahun 2017 (Sebagai Bahan Pengayaan Materi Pada Kompetensi Dasar 3.3 Menganalisis Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Kehutanan, Pertambangan, Kelautan, Pariwisata Sesuai Prinsip-Prinsip Pembangunan Berkelanjutan Kelas XI SMA)

Amin, Khoirul (2018) Analisis Potensi Pariwisata Waduk Mulur dan Arah Pengembangannya Tahun 2017 (Sebagai Bahan Pengayaan Materi Pada Kompetensi Dasar 3.3 Menganalisis Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Kehutanan, Pertambangan, Kelautan, Pariwisata Sesuai Prinsip-Prinsip Pembangunan Berkelanjutan Kelas XI SMA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (979Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Khoirul Amin. K5413039. ANALISIS POTENSI PARIWISATA WADUK MULUR DAN ARAH PENGEMBANGANNYA TAHUN 2017 (SEBAGAI BAHAN PENGAYAAN PADA KOMPETENSI DASAR 3.3 MENGANALISIS SEBARAN DAN PENGELOLAAN SUMBER DAYA KEHUTANAN, PERTAMBANGAN, KELAUTAN, PARIWISATA SESUAI PRINSIP-PRINSIP PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN, KELAS XI SMA), Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2018 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) potensi yang ada pada obyek wisata Waduk Mulur sebagai obyek tujuan wisata; (2) arah pengembangan potensi obyek wisata Waduk Mulur sebagai obyek tujuan wisata. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan yang mengunjungi Waduk Mulur. Sampel yang digunakan adalah sebagian wisatawan yang mengunjungi Waduk Mulur dengan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data dilaksanakan dengan teknik eksternal auditor dan triangulasi metode. Analisis data yang digunakan untuk mengukur potensi wisata menggunakan pengukuran menurut Dephut (1993) dengan modifikasi sedangkan untuk penentuan arahan pengembangan wisata menggunakan analisis SWOT dan eksternal auditor dengan mengacu pada Dinas Pariwisata serta Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Sukoharjo Tahun 2011-2031. Hasil penelitian sebagai berikut ini: (1) Potensi obyek wisata Waduk Mulur termasuk pada kategori “sedang”. Obyek wisata Waduk Mulur memiliki keanekaragaman daya tarik obyek wisata unik dengan skala regional namun memiliki faktor penghambat dari segi aksesibilitas dan sarana pokok maupun pelengkap. (2) Pengembangan obyek wisata Waduk Mulur perlu dilakukan usaha pengembangan dari segi atraksi, akomodasi, amenitas, dan ancillary. Pengembangan yang perlu dilakukan adalah pengembangan daya tarik, pengembangan kawasan konservasi waduk, penataan ruang, perbaikan aksesibilitas dan pengembangan fasilitas publik, pengembangan fasilitas sarana pokok maupun pelengkap serta pembentukan organisasi masyarakat POKDARWIS yang memiliki peran dalam pengembangan obyek wisata. Obyek wisata Waduk Mulur memiliki nilai kekuatan dan peluang yang lebih besar dibandingkan nilai kelemahan dan ancaman, hal ini mengisyaratkan perlu dilakukan pengembangan di waktu mendatang. Kata Kunci: Potensi, Pariwisata, Waduk

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 06 Jul 2018 16:37
    Last Modified: 06 Jul 2018 16:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41437

    Actions (login required)

    View Item