Peningkatan Pengembangan Motorik Kasar Melalui Permainan Gerak Lokomotor pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Gemantar Selogiri Tahun Ajaran 2016/2017

Widyaningsih, Indah Pinasthi (2018) Peningkatan Pengembangan Motorik Kasar Melalui Permainan Gerak Lokomotor pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Gemantar Selogiri Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (401Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Indah Pinasthi Widyaningsih. K8113040. PENINGKATAN PENGEMBANGAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN GERAK LOKOMOTOR PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI GEMANTAR SELOGIRI TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui penerapan permainan gerak lokomotor pada anak kelompok B TK Pertiwi Gemantar tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantatif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian anak usia 5-6 tahunr yang berjumlah 19 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Validitas data kuantitatif menggunakan validitas konstruk. Validitas data kualitatif menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif komparatif dan analisis model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemapuan motorik kasar pada setiap siklus. Pada prasiklus ketuntasan klasikal kemampuan motorik kasar sejumlah 6 anak atau 31,5%. Pada siklus I ketuntasan klasikal meningkat menjadi 10 anak atau 52,6%. Pada siklus II diperoleh ketuntasan kemampuan motorik kasar anak meningkat menjadi 15 anak atau 78,9%. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan motorik kasar dalam anak mampu berjalan jinjit pada garis lurus. Melompati simpai dengan menggunakan dua secara bersama. Berlari secara zig-zag dan berlari bolak balik secara cepat. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan media permainan gerak lokomotor dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B TK Pertiwi Gemantar tahun pelajaran 2016/2017. Kata Kunci: kemampuan motorik kasar, permainan gerak lokomotor, pendidikan anak usia dini.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 06 Jul 2018 15:59
    Last Modified: 06 Jul 2018 15:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41428

    Actions (login required)

    View Item