Pemanfaatan Multimedia Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Persiapan Kemerdekaan Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Ngadirojo Tahun Ajaran 2015/2016

Adi Prasetyo, Herna (2018) Pemanfaatan Multimedia Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Persiapan Kemerdekaan Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Ngadirojo Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1405Kb)

    Abstract

    Herna Adi Prasetyo, PEMANFAATAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 NGADIROJO TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep persiapan kemerdekaan Indonesia melalui pemanfaatan multimedia pada siswa kelas V SD Negeri I Ngadirojo tahun ajaran 2015/2016. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung selama dua siklus. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Validitas data pada penelitian ini adalah validitas isi. Teknis analisis data adalah analisis interaktif dan teknik deskriptif komparatif. Peningkatan pemahaman konsep tersebut ditandai dengan meningkatnya nilai pemahaman konsep siswa pada setiap siklus, yaitu nilai rata-rata pemahaman konsep siswa pratindakan hanya sebesar 62,39. Pada siklus I nilai rata-rata pemahaman konsep siswa menjadi 68,34 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 77,34. Sebelum dilakukan tindakan, siswa yang memperoleh nilai di atas KKM (≥70) hanya 8 siswa (27,58%). Pada siklus I meningkat menjadi 18 siswa (62,06%) dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 25 siswa (86,20%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan multimedia dapat meningkatkan pemahaman konsep persiapan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri I Ngadirojo tahun ajaran 2015/2016. Kata Kunci: Persiapan kemerdekaan Indonesia, Pemanfaatan multimedia, Pemahaman konsep Herna Adi Prasetyo, THE UTILIZATION OF MULTIMEDIA TO INCREASE UNDERSTANDING OF THE CONCEPT PREPARATION OF INDONESIA INDEPENDENCE IN FIFTH GRADE STUDENTS OF STATE PRIMARY SCHOOL 1 NGADIROJO IN THE ACADEMIC YEAR 2015/2016. Skripsi, Teacher Training and Education Faculty of Sebelas Maret University, June 2017. The purpose of this research is to improve understanding of the concept preparation of Indonesian independence through the utilization of multimedia in fifth grade students of State Primary School I Ngadirojo in the academic year 2015/2016. This form of research is a classroom action research (CAR) that goes on for two cycles. The data collection techniques are observations, interviews, tests, and documents. Validity of data in this research was the validity of the content. The technique analysis was interactive analysis and comparative descriptive technique. Increased understanding of the concept is marked by the increasing value of understanding concept of students in each cycle, the average value of students pre action of concept understanding is only 62,39. In the first cycle the average score of students understanding of the concept become 68.34 and in second cycle it was increased again to 77.34. Before doing the action, students who scored above the KKM (≥70) were only 8 students (27.58%). In the first cycle increased to 18 students (62.06%) and in second cycle increased again to 25 students (86.20%). Based on this result of this research can be concluded that the use of multimedia can improve understanding of the concept preparation of Indonesian independence in fifth grade students of State Primary School I Ngadirojo in the academic year 2015/2016.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Pratama Wisnu Samodro
    Date Deposited: 04 Jul 2018 14:33
    Last Modified: 04 Jul 2018 14:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41426

    Actions (login required)

    View Item