Analisis Tingkat Kesejahteraan Keluarga Petani Padi di Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun 2016 (Modul Pembelajaran Mata Pelajaran Geografi SMA Kelas XI dalam KD Menganalisis Ketahanan Pangan Nasional, Penyediaan Bahan Industri, dan Potensi Energi Baru dan Terbarukan di Indonesia)

Prasetianingsih, Inawati Nur (2018) Analisis Tingkat Kesejahteraan Keluarga Petani Padi di Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun 2016 (Modul Pembelajaran Mata Pelajaran Geografi SMA Kelas XI dalam KD Menganalisis Ketahanan Pangan Nasional, Penyediaan Bahan Industri, dan Potensi Energi Baru dan Terbarukan di Indonesia). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (860Kb)

    Abstract

    Inawati Nur Prasetianingsih (K5413034). Analisis Tingkat Kesejahteraan Keluarga Petani Padi di Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun 2016 (Modul Pembelajaran Mata Pelajaran Geografi SMA Kelas XI untuk KD Menganalisis Ketahanan Pangan Nasional, Penyediaan Bahan Industri, serta Potensi Energi Baru dan Terbarukan di Indonesia). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Desember 2017. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pendapatan keluarga petani padi di Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar tahun 2016 (2) Untuk mengetahui pengeluaran pangan dan non pangan keluarga petani padi di Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar tahun 2016 (3) Untuk mengetahui tingkat kesejahteraan keluarga petani padi di Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar tahun 2016 (4) Untuk menyusun modul pembelajaran dalam tema kajian analisis tingkat kesejahteraan keluarga petani padi untuk sub materi pokok ketahanan pangan nasional sebagai pendukung pembelajaran mata pelajaran geografi kelas XI SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan spasial. Populasi penelitian ini adalah keluarga petani padi atau rumah tangga petani (RTP) dengan jumlah 150 responden yang tersebar dalam 13 desa. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik Proporsional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi lapangan dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah skoring. Hasil penelitian adalah: (1) Tingkat pendapatan rata-rata keluarga petani padi Kecamatan Gondangrejo termasuk dalam 2 kategori yaitu rendah dan sedang. Terdapat 2 desa dengan tingkat pendapatan rendah, sedangkan 11 desa lainnya termasuk dalam kategori sedang, (2) Pengeluaran pangan dan non pangan termasuk dalam dua kategori. Sedangkan proporsi pengeluaran keluarga petani padi Kecamatan Gondangrejo tergolong dalam 2 kategori. Terdapat 4 desa dengan proporsi pengeluaran pangan > dari non pangan dan 9 desa dengan proporsi pengeluaran pangan < dari non pangan, (3) Tingkat kesejahteraan keluarga petani padi Kecamatan Gondangrejo tergolong dalam 2 kategori yaitu sedang dan tinggi. Terdapat 5 desa dengan tingkat kategori sedang dan 8 desa dengan tingkat kategori tinggi, (4) Tema kajian penelitian digunakan sebagai penyusun modul untuk mendukung pembelajaran geografi SMA kelas XI pada sub materi pokok ketahanan pangan nasional. Kata Kunci: Pendapatan, Pengeluaran, Kesejahteraan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 04 Jul 2018 12:36
    Last Modified: 04 Jul 2018 12:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41423

    Actions (login required)

    View Item