KAJIAN KUAT LENTUR PADA SAMBUNGAN KAYU MENGGUNAKAN ALAT SAMBUNG BOTOL PLASTIK SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR MATA KULIAH STRUKTUR KAYU (STUDI KASUS PADA 4 VARIASI BENTUK SISI PENAMPANG KAYU)

Suryanto, Andri (2018) KAJIAN KUAT LENTUR PADA SAMBUNGAN KAYU MENGGUNAKAN ALAT SAMBUNG BOTOL PLASTIK SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR MATA KULIAH STRUKTUR KAYU (STUDI KASUS PADA 4 VARIASI BENTUK SISI PENAMPANG KAYU). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (615Kb)

    Abstract

    Andri Suryanto. KAJIAN KUAT LENTUR PADA SAMBUNGAN KAYU MENGGUNAKAN ALAT SAMBUNG LIMBAH BOTOL PLASTIK SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR MATA KULIAH STRUKTUR KAYU (STUDI KASUS PADA 4 VARIASI BENTUK SISI PENAMPANG KAYU). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Januari 2018. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada nilai kuat lentur kayu dengan dua tumpuan sederhana menggunakan alat sambung limbah botol plastik dengan 4 variasi bentuk sisi kayu, (2) mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada nilai kuat lentur kayu dengan satu tumpuan kantilever menggunakan alat sambung limbah botol plastik dengan 4 variasi bentuk sisi kayu, (3) mengetahui bentuk sisi kayu yang memberikan kekuatan lentur terbaik pada sambungan kayu dengan dua tumpuan sederhana menggunakan alat sambung limbah botol plastik, (4) mengetahui bentuk sisi kayu yang memberikan kekuatan lentur terbaik pada sambungan kayu dengan satu tumpuan kantilever menggunakan alat sambung limbah botol plastik, (5) menghasilkan suplemen bahan ajar mata kuliah Struktur Kayu dari penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan analisis data menggunakan analisis anova one way untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan penggunaan 4 variasi bentuk sisi kayu. Variasi bentuk sisi kayu yang digunakan adalah berupa pemberian coakan dan alur. Sampel yang digunakan adalah kayu ukuran 50x50x760 mm untuk uji lentur menggunakan dua tumpuan sederhana sejumlah 16 sampel dan kayu ukuran 50x50x450 mm untuk uji lentur menggunakan satu tumpuan kantilever sejumlah 16 sampel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai kuat lentur kayu dengan dua tumpuan sederhana menggunakan alat sambung limbah botol plastik dengan 4 variasi bentuk sisi kayu, (2) terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai kuat lentur kayu dengan satu tumpuan kantilever menggunakan alat sambung limbah botol plastik dengan 4 variasi bentuk sisi kayu, (3) bentuk sisi kayu berupa 2 alur pada setiap sisi kayu memberikan kekuatan lentur terbaik pada sambungan kayu dengan dua tumpuan sederhana menggunakan alat sambung limbah botol plastik, (4) bentuk sisi kayu berupa 2 alur pada setiap sisi kayu memberikan kekuatan lentur terbaik pada sambungan kayu dengan satu tumpuan kantilever menggunakan alat sambung limbah botol plastik, (5) bahan ajar yang dihasilkan dari penelitian ini adalah bahan ajar mata kuliah Struktur Kayu dengan materi sambungan limbah botol plastik dengan pemberian 4 buah variasi bentuk sisi kayu. Kata kunci: Variasi bentuk sisi kayu, Struktur Kayu, Sambungan limbah botol plastik

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 04 Jul 2018 09:25
    Last Modified: 04 Jul 2018 09:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41411

    Actions (login required)

    View Item