PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN PASSING MENGGUNAKAN BOLA TIDAK STANDART DAN BOLA STANDART TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING ATAS DALAM PERMAINAN BOLAVOLI PADA SISWA PUTRA KELAS IV DAN V SD NEGERI I GABUGAN TANON KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Sujadmiko, Nugroho Dwi (2010) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN PASSING MENGGUNAKAN BOLA TIDAK STANDART DAN BOLA STANDART TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING ATAS DALAM PERMAINAN BOLAVOLI PADA SISWA PUTRA KELAS IV DAN V SD NEGERI I GABUGAN TANON KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (433Kb)

    Abstract

    Nugroho Dwi Sujadmiko. PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN PASSING MENGGUNAKAN BOLA TIDAK STANDART DAN BOLA STANDART TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING ATAS DALAM PERMAINAN BOLAVOLI PADA SISWA PUTRA KELAS IV DAN V SD NEGERI I GABUGAN TANON KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Pebruari 2010. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh pendekatan pembelajaran passing menggunakan bola tidak standart dan menggunakan bola standart terhadap hasil belajar passing atas bola voli pada siswa putra kelas IV dan V SD Negeri I Gabugan Tanon Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2009/2010. (2) Pendekatan pembelajaran passing yang lebih baik pengaruhnya antara menggunakan bola tidak standart dan menggunakan bola standart terhadap hasil belajar passing atas bola voli pada siswa putra kelas IV dan V SD Negeri I Gabugan Tanon Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V SD Negeri I Gabugan Tanon Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2009/2010. Subjek penelitian ini adalah siswa putra berjumlah 40 orang. Keseluruhan subjek dijadikan sampel penelitian, sehingga penelitian ini adalah penelitian subjek. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan pengukuran kemampuan passing atas bola voli dari Depdiknas. (2003: 9-10). Teknik analisis data yang digunakan dengan uji t pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh pendekatan pembelajaran passing menggunakan bola tidak standart dan menggunakan bola standart terhadap hasil belajar passing atas bola voli pada siswa putra kelas IV dan V SD Negeri I Gabugan Tanon Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2009/2010, dengan nilai perhitungan thit sebesar 1.774 dan ttabel sebesar 1,72 pada taraf signifikasi 5%. (2) Pendekatan pembelajaran passing menggunakan bola tidak standart lebih baik pengaruhnya terhadap hasil belajar passing atas bola voli pada siswa putra kelas IV dan V SD Negeri I Gabugan Tanon Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2009/2010. Kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan pendekatan pembelajaran passing atas menggunakan bola tidak standart) memiliki peningkatan sebesar 12.62136%. Sedangkan kelompok 2 (kelompok yang mendapat perlakuan pendekatan pembelajaran passing atas menggunakan bola standart) memiliki peningkatan sebesar 2.657005%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Users 844 not found.
    Date Deposited: 15 Jul 2013 01:40
    Last Modified: 15 Jul 2013 01:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4141

    Actions (login required)

    View Item