Pengaruh Interactive Digital Storytelling Terhadap Pengenalan Moral Pada Anak Usia 54-6 Tahun

, Fitriyani (2018) Pengaruh Interactive Digital Storytelling Terhadap Pengenalan Moral Pada Anak Usia 54-6 Tahun. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (808Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Fitriyani. K8113031. PENGARUH INTERACTIVE DIGITAL STORYTELLING TERHADAP PENGENALAN MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interactive digital storytelling terhadap pengenalan moral anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen semu (Quasi Eksperimental) dengan rancangan Nonequaivalent Control Grup Design. Pengambian sampel menggunakan Random Assigment. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B usia 5-6 tahun TK Aba Thoyibah, Banyuanyar, Surakarta. Uji normalitas dan homogenitas menggunakan Kolmogorov Smirnov dan Levene Test For Equality Of Variance. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik parametrik setelah data dinyatakan normal dan homogen dengan taraf signifikansi > 0,05. Uji hipotesis menggunakan t-test dengan SPSS 15 for windows. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan rata-rata dari kedua kelompok yaitu, rata-rata pretest kelompok eksperimen dari 4,29 meningkat menjadi 7,71 pada saat posttest, sedangkan nilai rata-rata kelompok kontrol dari 4,70 pada saat pretest meningkat menjadi 6,07 pada saat posttest. Terdapat pengaruh interactive digital storytelling terhadap pengenalan moral pada anak, yang dibuktikan dengan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol melalui uji independent samplet-test yang menunjukkan nilai Asymp.Sig (2-tailed) setelah pemberian pembelajaran berbasis proyek sebesar 0,000 (ρ ≤ 0,05). Artinya bahwa simpulan hasil penelitian ini menunjukan bahwa interactive digital storytelling memberikan pengaruh positif terhadap pengenalan moral anak usia 5-6 tahun Kata kunci: interactive digital storytelling, pengenalan moral, anak usia dini. ABSTRACT Fitriyani. K8113031. EFFECT OF INTERACTIVE DIGITAL STORYTELLING ON MORAL INTRODUCTION CHILDHOOD ON 5-6 YEARS. Undergraduated, Surakarta : Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University, Desember 2017. The study aimed to determine the effect of interactive digital storytelling toward moral introduction early on childhood 5-6 years moral. The type of research used quasi experimental (Quasi Eksperimental Design) with Two Nonequaivalent Control Grup Design. Sampling using Random Assignment. Subjects in the study were children group B age 5-6 years in Aba Thoyibah Kindergarten, Banyuanyar, Surakarta. Normality and homogeneity test using kolmogorov smirnov and levene test for equality of variance. Data analysis in the study used parametric statistic after data stated normal and homogeneous with significance level> 0,05. Test the hypothesis used t-test with SPSS 15 for windows. The results from the data analysis showed that, an increase the average pretest from the experimental group of 4,29 increased to 7,71 at the time of posttest, while the control group average score from 4,70 at the time from pretest increased to 6,07 at the time from posttest. There was the effect interactive digital storytelling toward moral introduction, as evidenced by the existence of significant difference between experiment group and control group from analyzing data technique was using inferential parametric statistic with independent sample-test showed that the score of significant asymp (2-tailed) after giving project based learning was 0,000 (ρ≤ 0,05). It mean that there was difference moral introduction before and after giving the method interactive digital storytelling. Keywords: interactive digital storytelling, moral introduction, earlychidhood.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Pratama Wisnu Samodro
    Date Deposited: 03 Jul 2018 15:38
    Last Modified: 03 Jul 2018 15:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41404

    Actions (login required)

    View Item