Pengaruh Kinerja Pemerintah Daerah dan Opini Audit terhadap Tingkat Pengungkapan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota di Indonesia

Perdiansyah, Fery (2018) Pengaruh Kinerja Pemerintah Daerah dan Opini Audit terhadap Tingkat Pengungkapan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota di Indonesia. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1072Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji relevansi antara kinerja pemerintah daerah dan opini audit dengan tingkat pengungkapan laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD). Kinerja pemerintah daerah diwakili dengan menggunakan variabel penyelenggaraan pemerintahan, kemandirian keuangan, dan penyerapan belanja. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teori signalling untuk menguji kinerja pemerintah daerah dan opini audit terhadap tingkat pengungkapan laporan keuangan pemerintah daerah. Penelitian ini menggunakan objek seluruh pemerintah daerah kota pada tahun 2015. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa penyerapan belanja dan opini audit berpengaruh positif terhadap tingkat pengungkapan LKPD. Namun, penyelenggaraan pemerintahan dan kemandirian keuangan tidak memiliki pengaruh terhadap tingkat pengungkapan LKPD.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Depositing User: Pratama Wisnu Samodro
    Date Deposited: 03 Jul 2018 15:00
    Last Modified: 03 Jul 2018 15:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41402

    Actions (login required)

    View Item