Implementasi Program Pendidikan Kesetaraan Pada Anak Didik Pemasyarakatan (Studi Kasus Pada Rumah Tahanan Negara Klas II B Wonogiri)

Sri Utami P, Fauzyyah (2018) Implementasi Program Pendidikan Kesetaraan Pada Anak Didik Pemasyarakatan (Studi Kasus Pada Rumah Tahanan Negara Klas II B Wonogiri). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (719Kb)

    Abstract

    Fauzyyah Sri Utami Palupi. NIM K8413029. IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PADA ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN (STUDI KASUS PADA RUMAH TAHANAN NEGARA KELAS II B WONOGIRI). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program pendidikan kesetaraan dalam upaya pemenuhan hak pendidikan bagi Andikpas di Rumah Tahanan Negara Klas IIB Wonogiri. Penelitan ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan Kepala subseksi pembinaan dan pelayanan tahanan, pengelola pembinaan pendidikan di Rutan, koordinator kesetaraan di SKB, tutor yang mengajar di Rutan dan Andikpas yang berada di Rutan Wonogiri. Observasi dilakukan dengan melihat kondisi ruang kelas, membaca situasi dan kondisi selama proses pembelajaran. Dan dokumentasi berupa daftar kehadiran Tutor dan Andikpas, hasil belajar Andikpas dan buku pelajaran yang digunakan. Dalam melakukan pengumpulan data, peneliti menggunakan cara purposive sampling. Teknik uji validitas data yang digunakan berupa triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisi model interaktif yang memiliki 3 tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil dan pembahasan ini adalah implementasi program pendidikan pada pemenuhan hak Andikpas di Rutan Wonogiri sudah tersedia melalui pembinaan intelektual dengan cara mengadakan program pendidikan kesetaraan. Namun, dalam pelaksanaannya program pendidikan kesetaraan belum dilakukan secara optimal karena kehadiran tutor yang minim, jadwal kegiatan belajar yang bersamaan dengan kegiatan lain, belum memiliki ruangan yang dikhususkan untuk kegiatan belajar, meja belajar belum tersedia, belum tersedianya buku pelajaran bagi setiap Andikpas, keberadaan Andikpas yang tidak lama di Rutan Wonogiri serta minimnya keikutsertaan Andikpas. Kata kunci: Program pendidikan kesetaraan, Pemenuhan hak pendidikan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
    H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: Pratama Wisnu Samodro
    Date Deposited: 03 Jul 2018 12:50
    Last Modified: 03 Jul 2018 12:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41399

    Actions (login required)

    View Item