OBYEK WISATA WADUK CENGKLIK KABUPATEN BOYOLALI: TINJAUAN DARI BAURAN PEMASARAN DAN KESEDIAAN MEMBAYAR

Amelia Santi, Evi (2018) OBYEK WISATA WADUK CENGKLIK KABUPATEN BOYOLALI: TINJAUAN DARI BAURAN PEMASARAN DAN KESEDIAAN MEMBAYAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (111Kb)

    Abstract

    OBYEK WISATA WADUK CENGKLIK KABUPATEN BOYOLALI : TINJAUAN DARI BAURAN PEMASARAN DAN KESEDIAAN MEMBAYAR Evi Amelia Santi1), Kusnandar2), Agustono3) Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta Jl.Ir.Sutami No.36 A Kentingan Surakarta 57126 Telp./Fax (0271) 637457 Email: eviameliasanti@yahoo.com/Telp: +6282226565307 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor bauran pemasaran yang dipertimbangkan wisatawan dalam mengunjungi dan mengetahui kesediaan membayar (willingness to pay) oleh pengunjung di Obyek Wisata Waduk Cengklik Kabupaten Boyolali. Metode dasar dalam penelitian ini adalah metode statistik deskriptif. Penelitian ini mengunakan dua analisis data, yakni analisis faktor dan analisis kesediaan membayar. Dari penelitian yang dilakukan diketahui bahwa hasil analisis faktor menggunakan 24 variabel yang memenuhi kriteria dan 6 faktor inti yang terbentuk. Faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan mengunjungi Obyek Wisata Waduk Cengklik Kabupaten Boyolali yaitu faktor pelayanan, faktor biaya akses, faktor tempat, faktor petunjuk lokasi, faktor tarif produk dan faktor produk. Seluruh faktor yang terbentuk memiliki eigenvalue lebih dari 1, serta semua variabel yang terbentuk memiliki nilai facor loading lebih dari 0,500. Hasil analisis data kedua, yakni analisis kesediaan membayar didapat kesediaan membayar sebesar Rp. 273.879.112. Hasil analisis kesediaan membayar didapat dari beberapa komponen biaya yaitu biaya transportasi, biaya retribusi masuk lokasi, biaya makan dan minum, biaya parkir, biaya naik perahu, biaya naik gethek dan biaya lainnya. Selain komponen biaya tersebut diatas, jumlah pengunjung Obyek Wisata Waduk Cengklik Kabupaten Boyolali turut mendasari perhitungan analisis kesediaan membayar. Jumlah pengunjung tahun terakhir Obyek Wisata Waduk Cengklik Kabupaten Boyolali yaitu tahun 2016 sejumlah 6.596 pengunjung. Kata Kunci : Analisis Faktor, Bauran Pemasaran, Kesediaan Membayar, Objek Wisata Keterangan : 1) Mahasiswa Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret 2) Dosen Pembimbing Utama 3) Dosen Pembimbing Pendamping

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Fakultas Pertanian
    Depositing User: Pratama Wisnu Samodro
    Date Deposited: 03 Jul 2018 02:12
    Last Modified: 03 Jul 2018 02:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41392

    Actions (login required)

    View Item