PENINGKATAN MOTIVASI DAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN CERITA RAKYAT DENGAN MODEL THINK TALK WRITE (PTK DI KELAS X IPA 2 SMA NEGERI KARANGPANDAN)

Firsty Nursitawati, Erlina (2018) PENINGKATAN MOTIVASI DAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN CERITA RAKYAT DENGAN MODEL THINK TALK WRITE (PTK DI KELAS X IPA 2 SMA NEGERI KARANGPANDAN). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1208Kb)

    Abstract

    Penelitian tindakan kelas ini memiliki tujuan, yaitu: (1) meningkatkan motivasi menulis cerpen peserta didik dengan penerapan model pembelajaran think talk write (TTW) kelas X IPA 2 SMA Negeri Karangpandan dan (2) meningkatkan keterampilan menulis cerpen berdasarkan cerita rakyat dengan penerapan model pembelajaran think talk write kelas X IPA 2 SMA Negeri Karangpandan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 2 dan guru bahasa Indonesia SMA Negeri Karangpandan. Sumber data penelitian ini adalah informan atau narasumber, tempat dan peristiwa, dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis kritis dan deskriptif komparatif. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari survei awal, pratindakan, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) analisis dan refleksi. Hasil penelitian ini menyimpulkan 1) penerapan model pembelajaran think talk write dapat meningkatkan motivasi menulis cerpen peserta didik kelas X IPA 2 SMA Negeri Karangpandan. Hal tersebut ditandai dengan adanya peningkatan motivasi menulis cerpen peserta didik yang awalnya persentase pratindakan sebesar 57,9%, siklus I sebesar 61,8% dan pada siklus II sebesar 88,9%. 2) penerapan model think talk write meningkatkan hasil keterampilan menulis cerpen berdasarkan cerita rakyat peserta didik. Pada pratindakan rerata nilai peserta didik 68,5, siklus I sebesar 74,1, kemudian siklus II sebesar 82,7. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran think talk write mampu meningkatkan motivasi menulis cerpen dan keterampilan menulis cerpen peserta didik kelas X IPA 2 SMA Negeri Karangpandan. Langkah-langkah penerapan think talk write yang efektif dalam pembelajaran yaitu. 1) Guru menerangkan langkah-langkah menulis cerpen berdasarkan cerita rakyat dengan penerapan model think talk write 2) Guru membagi kelas menjadi 7 kelompok masing-masing 5-6 orang; 3) Guru membagikan teks cerita rakyat kepada setiap peserta didik; 4) Peserta didik membaca teks cerita rakyat yang sudah dibagikan selama 10 menit; 5) Peserta didik membuat catatan kecil berupa unsur intrinsik dari teks cerita rakyat yang sudah dibaca secara individu (think); 6) peserta didik berkelompok membahas mengenai unsur intrinsik dan inti dari cerita rakyat yang sudah dibaca, kemudian salah satu peserta didik mempresentasikan dalam kelompok masing-masing (talk); 6) Peserta didik menulis cerpen berdasarkan unsur intrinsik secara individu (write); 7) Guru menilai karangan dan relevansi cerita rakyat dengan cerpen. Kata kunci: motivasi menulis, keterampilan menulis cerita pendek, cerita rakyat, Think Talk Write

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    P Language and Literature > PK Indo-Iranian
    P Language and Literature > PN Literature (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Doktor
    Pascasarjana > Doktor > Pendidikan Bahasa Indonesia - S3
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Pratama Wisnu Samodro
    Date Deposited: 03 Jul 2018 01:34
    Last Modified: 03 Jul 2018 01:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41388

    Actions (login required)

    View Item