Membangun Percaya Diri melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Kartu Bergambar Pada Anak Kelompok A TK ABA Thoyibah Banyuanyar Tahun Ajaran 2016/2017

Ratri Ayu Yusas Oktavani, Erika (2018) Membangun Percaya Diri melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Kartu Bergambar Pada Anak Kelompok A TK ABA Thoyibah Banyuanyar Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (886Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Erika Ratri Ayu Yusas Oktavani. K8113027. MEMBANGUN PERCAYA DIRI MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A TK ABA THOYIBAH BANYUANYAR TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2018. Penelitian ini bertujuan untuk membangun percaya diri anak melalui metode bercerita dengan menggunakan media kartu bergambar pada anak kelompok A di TK ABA Thoyibah Banyuanyar Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Kurt Lewin yang dilaksanakan selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A2 TK ABA Thoyibah Banyuanyar Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi informan yaitu guru dan anak. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes yang berupa unjuk kerja. Validitas data kualitatif menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, sedangkan validitas data kuantitatif menggunakan validitas konstruk. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif dan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan percaya diri anak melalui metode bercerita dengan menggunakan media kartu bergambar dari pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Peneltian ini menunjukkan peningkatan percaya diri pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal percaya diri 53,75% dan pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal percaya diri 80%. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan meningkatnya keberanian anak untuk menyatakan pendapat, bertanya dan menjawab pertanyaan, bangga dengan dirinya serta anak lebih berani dalam melakukan sesuatu tanpa bantuan. Berdasarkan uraian diatas, hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode bercerita dengan menggunakan media kartu bergambar dapat membangun percaya diri pada anak kelompok A TK ABA Thoyibah Banyuanyar Tahun Ajaran 2016/2017. Kata kunci: percaya diri, metode bercerita, media kartu bergambar ABSTRACT Erika Ratri Ayu Yusas Oktavani. K8113027. BUILDING SELF-CONFIDENCE THROUGH STORYTELLING METHOD BY USING PICTURE CARD MEDIA ON A GROUP OF CHILDREN A OF TK ABA THOYIBAH BANYUANYAR ACADEMIC YEAR 2016/2017. Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty of the Universitas Sebelas Maret of January 2018. This research is aimed to improve the students’ self-confidence through storytelling method using picture cards for kindergarten students group A TK ABA Thoyibah Banyuanyar in academic year 2016/2017. This research using qualitative and quantitative approach. This research is type as Classroom Action Research (CAR) model Kurt Lewin was conducted for 2 cycles, every cycle consists of planning, action, observation and reflection. The subject for this research are the students of Kindergarten group A2 TK ABA Thoyibah Banyuanyar in academic year 2016/2017 which is 20 students that consists of 8 boys and 12 girls. The data resources for this research include the informant that consists theacher and students. The technique of data collecting are conducted through observation, interviews, documentations and tests in the form of performance, while the validity of quantitative data using construct validity. The technique of analyzing the data are descriptive comparative and interactive model. The result of the research shows that there are students’ improvement in self-confidence through storytelling method picture cards as a media from pre-research to cycle I and from cycle I to cycle II. This study shows that increased the self-confidence classical completeness achievement of the first cycle gains 53.75% and in cycle II gains 80%. The improvement of self-confidence are approved by the students’ ability to express opinions, ask questions and answer questions, proud of himself and the students. Keywords : self-confidence, storytelling, picture card media

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Pratama Wisnu Samodro
    Date Deposited: 03 Jul 2018 01:16
    Last Modified: 03 Jul 2018 01:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41387

    Actions (login required)

    View Item