EVALUASI KELAYAKAN LOKASI TEMPAT PEMROSESAN AKHIR SAMPAH DI DESA TROKETON KECAMATAN PEDAN KABUPATEN KLATEN TAHUN 2017 (Implementasi pada Pembelajaran Geografi SMA Kelas XI Materi Pokok Pemanfaatan Sumber Daya Alam dengan Prinsip-prinsip Pembangunan Berkelanjutan)

Wulandari, Retno Wahyu (2018) EVALUASI KELAYAKAN LOKASI TEMPAT PEMROSESAN AKHIR SAMPAH DI DESA TROKETON KECAMATAN PEDAN KABUPATEN KLATEN TAHUN 2017 (Implementasi pada Pembelajaran Geografi SMA Kelas XI Materi Pokok Pemanfaatan Sumber Daya Alam dengan Prinsip-prinsip Pembangunan Berkelanjutan). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (866Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Retno Wahyu Wulandari (K5413055) EVALUASI KELAYAKAN LOKASI TEMPAT PEMROSESAN AKHIR SAMPAH DI DESA TROKETON KECAMATAN PEDAN KABUPATEN KLATEN TAHUN 2017 (Implementasi Pada Pembelajaran Geografi SMA Kelas XI Pada Materi Pokok Pemanfaatan Sumber Daya Alam Dengan Prinsip-Prinsip Pembangunan Berkelanjutan). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Januari 2018. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui tingkat kelayakan lokasi tempat pemrosesan akhir sampah di DesaTroketon, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten. 2) Mengetahui persepsi masyarakat terhadap tingkat kelayakan lokasi tempat pemrosesan akhir sampah di Desa Troketon, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten. 3) Mengetahui implementasi kajian tingkat kelayakan lokasi tempat pemrosesan akhir sampah dalam pembelajaran geografi SMA kelas XI pada Materi Pokok Pemanfaatan Sumber Daya Alam dengan Prinsip-prinsip Pembangunan Berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pendekatan keruangan. Pengambilan sampel untuk mengetahui tingkat kelayakan TPA sampah yaitu pada lokasi TPA sampahdi Desa Troketon. Sedangkan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap tingkat kelayakan TPA sampah pada penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling yang terdiri dari jumlah penduduk 3 Desa yaitu Desa Troketon, Desa Kaligawe, dan Desa Kalangan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan uji laboratorium. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu; 1) analisis kelayakan lokasi TPA berdasarkan parameter SK SNI T-11-1991-03, dengan teknik analisis skoring. 2) Analisis persepsi masyarakat terhadap evaluasi kelayakan lokasi tempat pemrosesan akhir sampah dengan menggunakan indicator persepsi (penyerapan, pengetahuan, penilaian), menggunakan teknik skoring dengan skala Likert. Hasil penelitian ini adalah: (1) Evaluasi kelayakan lokasi TPA sampah di Desa Troketon dinyatakan dalam klasifikasi layak dipertimbangkan. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis parameter-parameter SK SNI T-11-1991-03 diperoleh dengan jumlah skor 536. (2) Persepsi masyarakat terhadap evaluasi kelayakan lokasi TPA sampah di Desa Troketon yaitu: Desa Kalangan termasuk dalam tingkat persepsi rendah, dengan jumlah skor 59,2. Desa Kaligawe termasuk dalam tingkat persepsi sedang, dengan jumlah skor 57,9. Desa Troketon termasuk dalam tingkat persepsi sedang, dengan jumlah skor 65,21. (3) Kajian penelitian ini dapat dikembangkan menjadi modul pembelajaran geografi untuk SMA kelas XI padaMateri Pokok Pemanfaatan Sumber Daya Alam dengan Prinsip-prinsip Pembangunan Berkelanjutan. Kata kunci :Tempat Pemrosesan Akhir Sampah , Studi Kelayakan, SK SNI T-11-1991-03,Persepsi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 06 Jun 2018 12:47
    Last Modified: 06 Jun 2018 12:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41376

    Actions (login required)

    View Item