ZIARAH VIRTUAL (Studi Deskriptif Kualitatif Ziarah Virtual Melalui Media Sosial Instagram Pada Tahun 2016/2017)

SUTRISMI, ARI (2018) ZIARAH VIRTUAL (Studi Deskriptif Kualitatif Ziarah Virtual Melalui Media Sosial Instagram Pada Tahun 2016/2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (589Kb)

    Abstract

    Ari Sutrismi D0213013, ZIARAH VIRTUAL (Studi Deskriptif Kualitatif Ziarah Virtual Melalui Media Sosial Instagram Pada Tahun 2016/2017). Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2017. Ziarah merupakan suatu kegiatan yang sering dilakukan oleh masyarakat untuk mengenang seseorang yang telah tiada. Pesatnya pertumbuhan teknologi, membuat dunia virtual seolah menjadi cerminan dari dunia nyata. Ziarah yang biasa dilakukan di dunia nyata juga bisa dilakukan di dunia virtual seperti di media sosial Instagram. Ziarah melalui dunia virtual khususnya media sosial Instagram inilah yang selanjutnya disebut ziarah virtual. Dengan menggunakan teori kesedihan dan teori penyusunan pesan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan seseorang melakukan ziarah virtual dan jenis pesan yang diproduksi saat melakukan ziarah virtual. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data primer diperoleh dari hasil wawancara. Sedangkan data sekunder diperoleh dari sceenshot komentar pada posting-an almarhum/almarhummah dan postingan yang menandai akun almarhum/almarhummah. Hasil temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa alasan meninggalkan komentar di akun almarhum/almarhummah adalah karena merasa percaya tidak percaya dan kangen. Kemudian alasan memposting foto dengan menandai akun almarhum/almarhummah terbagi menjadi dua, yaitu sebagai ucapan selamat tinggal dan untuk memberikan informasi kepada orang lain. Pada jenis strategi produksi pesan, pelaku ziarah virtual cenderung menggunakan logika ekspresif dan logika konvensional. Pesan ekspresif diproduksi dalam bentuk bahasa berupa tulisan dan simbol berupa emoticon. Selanjutnya untuk pesan konvensional diproduksi sesuai dengan norma sosial yang berlaku di masyarakat. Kata kunci: Ziarah Virtual, Media Sosial, Instagram

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 05 Jun 2018 22:12
    Last Modified: 05 Jun 2018 22:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41361

    Actions (login required)

    View Item