Analisis Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau Publik di Kecamatan Pasar Kliwon dan Jebres Kota Surakarta Tahun 2017 (Implementasi Materi dalam Pembelajaran Geografi KD 3.1 Menganalisis Citra Penginderaan Jauh untuk Perencanaan Kajian Tata Guna Lahan dan Transportasi)

Rahmah, Asiyah Dzakirah (2018) Analisis Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau Publik di Kecamatan Pasar Kliwon dan Jebres Kota Surakarta Tahun 2017 (Implementasi Materi dalam Pembelajaran Geografi KD 3.1 Menganalisis Citra Penginderaan Jauh untuk Perencanaan Kajian Tata Guna Lahan dan Transportasi). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1061Kb)

    Abstract

    Asiyah Dzakirah Rahmah. K5413013. ANALISIS PEMANFAATAN RUANG TERBUKA HIJAU PUBLIK DI KECAMATAN PASAR KLIWON DAN JEBRES KOTA SURAKARTA TAHUN 2017 (Implementasi Materi dalam Pembelajaran Geografi Kelas XII KD 3.1 Menganalisis Citra Penginderaan Jauh untuk Perencanaan Kajian Tata Guna Lahan dan Transportasi). Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univerisitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2018. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui ketersediaan dan ketercukupan ruang terbuka hijau publik di Kecamatan Pasar Kliwon dan Jebres tahun 2017 (2) Mengetahui pemanfaatan ruang terbuka hijau publik di Kecamatan Pasar Kliwon dan Jebres tahun 2017 (3) Mengetahui hasil implementasi materi dalam pembelajaran geografi di sekolah pada KD 3.1 menganalisis citra penginderaan jauh untuk perencaraan kajian tata guna lahan dan transportasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ruang terbuka hijau publik di Kecamatan Pasar Kliwon dan Jebres. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah ruang terbuka hijau publik yang terdiri dari taman dan hutan kota, jalur hijau jalan, sempadan sungai, dan pemakaman dengan teknik pengambilan sampel stratified proporsional random sampling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif spasial. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik interpretasi citra, dokumentasi, observasi lapangan, dan wawancara. Analisis data menggunakan kunci interpretasi, uji ketelitian citra, perhitungan, dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : (1) Ketersediaan RTH publik di Kecamatan Pasar Kliwon mencapai 289.238,18 m² dan Jebres mencapai 1.248.494,37 m². Berdasarkan ketercukupannya, RTH Publik di Kecamatan Pasar Kliwon dan Jebres masih kurang dari 20%. RTH Publik di Kecamatan Pasar Kliwon masih harus ditambah seluas 696.487,68 m² dan Jebres masih harus ditambah seluas 1.501.152,67 m² agar dapat tercukupi. (2) Jalur hijau jalan dan taman merupakan jenis RTH yang paling banyak dimanfaatkan di Kecamatan Pasar Kliwon dan Jebres. Pemanfaatan ruang terbuka hijau publik di Kecamatan Pasar Kliwon berdasarkan jenis kegiatannya paling banyak dimanfaatkan untuk berjualan dengan presentase sebesar 18,60%, berkumpul dan kuliner sebesar 13,95% dan bersantai sebesar 11,62%. Pada Kecamatan Jebres berdasarkan jenis kegiatannya, banyak dimanfaatkan untuk berkumpul dengan presentase sebesar 19,64%, berjualan sebesar 16,17%, dan bermain sebesar 14,70%. (3) Poster yang telah diimplementasikan di sekolah dapat digunakan sebagai materi pembelajaran geografi pada KD 3.1, yaitu menganalisis citra penginderaan jauh untuk kajian tata guna lahan dan transportasi. Kata Kunci : RTH Publik, Pemanfaataan, Ketersediaan dan Ketercukupan, Penginderaan Jauh, Pembalajaran Geografi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 05 Jun 2018 22:00
    Last Modified: 05 Jun 2018 22:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41358

    Actions (login required)

    View Item