Peningkatan Keterampilan Berpikir Analitis Siswa Melalui Penerapan Problem Based Learning pada Pembelajaran Biologi Kelas XI MIPA SMA

SETIANI, ASRIFAH (2018) Peningkatan Keterampilan Berpikir Analitis Siswa Melalui Penerapan Problem Based Learning pada Pembelajaran Biologi Kelas XI MIPA SMA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1060Kb)

    Abstract

    Asrifah Setiani. K4313018. PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR ANALITIS SISWA MELALUI PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI MIPA SMA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Januari 2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir analitis menggunakan model pembelajaran problem based learning pada pembelajaran biologi kelas XI MIPA. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 35 siswa yang terdiri dari 18 laki-laki dan 17 perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes (tes keterampilan berpikir analitis yang terdiri dari 3 aspek yaitu membedakan, mengorganisasi dan mengatribusi) dan non tes (observasi dan wawancara). Validasi data menggunakan metode triangulasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata kelas secara keseluruhan keterampilan berpikir analitis pada aspek membedakan meningkat dari 32,86% menjadi 75,5%, mengorganisasi meningkat dari 38,57% menjadi 86%, dan mengatribusi meningkat dari 35,71% menjadi 70,9% setelah diterapkan problem based learning. Target penelitian telah tercapai ditunjukkan dari rerata persentase peningkatan keterampilan berpikir analitis yaitu sebesar 41,7%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir analitis dapat ditingkatkan menggunakan model pembelajaran problem based learning pada pembelajaran biologi kelas XI MIPA. Kata kunci : problem based learning, keterampilan berpikir analitis, penelitian tindakan kelas

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 05 Jun 2018 21:50
    Last Modified: 05 Jun 2018 21:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41355

    Actions (login required)

    View Item