POSTER SEBAGAI SARANA EKSPRESI TERHADAP ISU SOSIAL DAN POLITIK (Analisis Semiotika Akun Instagram @_asoy dalam Mengekspresikan Keadaan Sosial Politik Indonesia Melalui Media Poster di Ruang Publik Instagram)

RIZAL, BAYU M. (2018) POSTER SEBAGAI SARANA EKSPRESI TERHADAP ISU SOSIAL DAN POLITIK (Analisis Semiotika Akun Instagram @_asoy dalam Mengekspresikan Keadaan Sosial Politik Indonesia Melalui Media Poster di Ruang Publik Instagram). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (374Kb)

    Abstract

    Bayu M Rizal. D1215012. Poster sebagai Sarana Ekspresi Terhadap Isu Sosialdan Politik (Analisis Semiotika Akun Instagram @_asoy dalam Mengekspresikan Keadaan Sosial Politik Indonesia Melalui Media Poster di Ruang Publik Instagram). Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2017. Penelitian ini ditulis dengan melihat eksistensi karya seni dalam hubungan antara kesenian dengan konteks sosial, politik, budaya, ruang publik, hingga praktik representasi dari perjuangan kelas. Salah satu karya seni tersebut ialah poster. Visualisasi pada poster terkadang menggambaran realitas sosial yang muncul dan berkembang pada saat itu. Di media baru Instagram terdapat akun @_asoy yang didirikan oleh Rizky Mahendra sebagai jembatan atas penyaluran ide-ide kritisnya. @_asoy merupakan sebuah identitas yang dibentuk Rizky Mahendra dalam mengekspresikan sosial politik di Indonesia. Tujuan dari menelitian ini adalah untuk mengetahui makna dari simbol-simbol yang terdapat dalam karya poster akun Instagram @_asoy dalam mengekspresikan isu sosial politik. Penelitian ini merupakan penelitian berparadigma kualitatif dengan analisis semiotika model Roland Barthes. Menggambarkan makna yang terdapat pada kedelapan poster karya @_asoy melalui simbol-simbol visual yang dimaknai sebagai penanda dan petanda, juga sebagai makna denotasi dan konotasi serta mitos. Setelah melakukan analisis peneliti menemukan bahwa melalui poster @_asoy melakukan telah melakukan kritik dalam bentuk poster yang terterbungkus dengan desain visual terbentuk dari berbagai elemen yang mempresentasikan muatan sosio-politis sebagai ungkapan kritik terhadap isu sosial politik di Indonesia. Pangambilan sudut pandang akun @_asoy sendiri diambil dari rakyat kecil yang kurang puas dengan kinerja pemerintahan Indonesia. Kinerja kepemerintahan dan masyarakat yang tidak sesuai pegangan atau ideologi negara dijadikan bahan kritikan oleh akun @_asoy. Kata kunci : semiotika, propaganda, sosial-politik, poster.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 05 Jun 2018 20:26
    Last Modified: 05 Jun 2018 20:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41349

    Actions (login required)

    View Item