Analisis Kesantunan Berbahasa Kolom Cari Angin Tempo dan Relevansinya Sebagai Materi Ajar Menulis Esai di Sekolah Menengah Atas

ELISA, THOMAS (2018) Analisis Kesantunan Berbahasa Kolom Cari Angin Tempo dan Relevansinya Sebagai Materi Ajar Menulis Esai di Sekolah Menengah Atas. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (640Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan kesantunan berbahasa pada kolom Cari Angin Koran Tempo, dan relevansinya sebagai materi ajar menulis esai di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif yang dilakukan pada kolom Cari Angin Koran Tempo edisi Maret 2016 sampai dengan Juni 2017. Subjek Penelitian adalah kolom Cari Angin Koran Tempo edisi Maret 2016 samapai dengan Juni 2017. Data diperoleh dalam penelitian ini data kualitatif. Sampel penelitian yang digunakan adalah sampel cuplikan atau purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis dokumen. Uji validitas data menggunakan trianggulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis pragmatik. Prosedur penelitian menggunakan tiga prosedur utama yaitu tahap pra penelitian, pelaksanaan penelitian, dan tahap penyusunan laporan penelitian.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1. Unsur Kesantunan Berbahasa Kolom Cari Angin Koran Tempo, terdapat tiga unsur kesantunan berbahasa yaitu: (a) Maksim Kebijaksanaan, (2) Maksim kesimpatisan, (c) Maksim Kerendahan hati. 2. Unsur kesantunan pada kolom Cari Angin tersebut, dipengaruhi oleh faktor Participants, yaitu posisi tokoh dalam Kolom Cari Angin yang ditandai oleh pemakaian kata sapaan Romo, dan kata sapaan saya. Kata sapaan Romo mengandung artian kedudukan tokoh tersebut lebih tinggi dibandingkan tokoh lainnya yaitu tokoh saya. 3. Kolom Cari Angin Koran Tempo, dapat direlevansikan sebagai materi ajar dengan beberapa faktor pendukung yaitu : (a) Kesantunan berbahasa pada esai tersebut tergolong baik (b) Metode penulisan esai yang menggunakan teknik bercerita merupakan keunggulan dalam esai tersebut (c) Bahasa yang digunakan mudah dipahami (d) Keberpihakan penulis tergolong netral. Kata Kunci: Kolom, Cari Angin, kesantunan berbahasa, kedudukan tokoh, relevansi materi ajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    P Language and Literature > PK Indo-Iranian
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 04 Jun 2018 12:41
    Last Modified: 04 Jun 2018 12:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41342

    Actions (login required)

    View Item