PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS INKUIRI (PEMATERI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN NILAI-NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN WONOGIRI

N, YULI BANGUN (2018) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS INKUIRI (PEMATERI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN NILAI-NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN WONOGIRI. PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (436Kb)

    Abstract

    Yuli Bangun Nursanti, T811008013, 2018. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Inkuiri (PEMATERI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Wonogiri. Promotor: Prof. Dr. Budiyono, M.Sc, Co-Promotor 1: Prof. Dr. Soetarno Joyoatmojo, M.Pd, Co-Promotor 2: Dra. Dewi Rochsantiningsih, M.Ed, PhD. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika yang dilakukan oleh guru SMA di Kabupaten Wonogiri, (2) menghasilkan model pembelajaran matematika PEMATERI yang valid, praktis, dan efektif sebagai upaya peningkatan hasil belajar dan nilai-nilai karakter peserta didik di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Wonogiri, (3) menguji keunggulan model pembelajaran matematika melalui model PEMATERI di SMA Kabupaten Wonogiri. Pengembangan Model PEMATERI dilakukan melalui penelitian pengembangan dengan tiga tahapan pokok, yaitu studi pendahuluan, pengembangan, dan uji model. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data pada studi pendahuluan menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan uji model melalui eksperimen menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran PEMATERI dengan model pembelajaran Konvensional. Rancangan keunggulan model eksperimen ini dilakukan dengan membandingkan hasil pretest dengan hasil post-test uji coba pada kelompok yang diujicobakan. Model eksperimen yang digunakan dengan rancangan The Randomized Control Group PretestPosttest Design. Hasil Penelitian menunjukkan setelah dilakukan uji coba di SMA se Kabupaten Wonogiri menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran PEMATERI telah dapat dipahami dan diimplementasikan oleh guru dan peserta didik. Uji coba luas melalui kuasi eksperimen di SMA N 1 Slogohimo (eksperimen) ternyata mampu meningkatkan kualitas pembelajaran. Hasil validasi menunjukkan model pembelajaran yang mencakup sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi, dan dampak instruksional dan pengiring layak digunakan dengan kategori sangat valid. Tingkat kepraktisan berdasarkan penilaian peserta didik dan juga guru menunjukkan bahwa model pembelajaran matematika PEMATERI telah memenuhi kriteria sangat praktis. Keefektifan model pembelajaran PEMATERI berdasarkan hasil THB telah memenuhi kriteria efektif dengan rerata posttest lebih besar dari nilai pretest yaitu 81.875 > 75.00, berdasarkan nilai-nilai karakter dengan rerata posttest lebih besar dari nilai pretest yaitu 116.9688 > 96.0000. Uji Keunggulan model PEMATERI dinyatakan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar dan memperkuat nilai-nilai karakter peserta didik dibandingkan dengan model Konvensional. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil belajar diperoleh hasil thitung > ttabel atau 2.06183 > 1.9745, berdasarkan nilainilai karakter diperoleh hasil thitung > ttabel atau 9.1362 > 1.9745. Kata kunci: Model Pembelajaran, Matematika, PEMATERI, Tes Hasil Belajar, Karakter, Sekolah Menengah Atas Wonogiri.

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Doktor
    Pascasarjana > Doktor > Ilmu Pendidikan - S3
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 04 Jun 2018 12:26
    Last Modified: 04 Jun 2018 12:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41337

    Actions (login required)

    View Item