PENGGUNAAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK MEMUKUL PERMAINAN BOLA KASTI PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD N MANGKUBUMEN KULON NO. 83 KOTA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

RAFANDA, (2018) PENGGUNAAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK MEMUKUL PERMAINAN BOLA KASTI PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD N MANGKUBUMEN KULON NO. 83 KOTA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (633Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Rafanda. K4614070. PENGGUNAAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK MEMUKUL PERMAINAN BOLA KASTI PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD N MANGKUBUMEN KULON NO. 83 KOTA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak memukul permainan bola kasti melalui alat bantu pembelajaran pada peserta didik kelas V SD N Mangkubumen Kulon No. 83 Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan dalam dua siklus. Dengan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD N Mangkubumen Kulon No. 83 Kota Surakarta yang berjumlah 24 peserta didik. Sumber data berasal dari guru, peserta didik, dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi data. Analisis data menggunakan deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hal ini terlihat dari hasil belajar peserta didik pada pra siklus, dari jumlah 24 peserta didik tuntas sebanyak 9 (37%), dan belum tuntas sebanyak 15 (63%). Kemudian hasil belajar peserta didik pada siklus I menunjukkan peningkatan, yaitu tuntas sebanyak 18 (75%), dan belum tuntas sebanyak 6 (25%). Pada siklus II peningkatan hasil belajar peserta didik adalah tuntas sebanyak 21 (87.5%), dan belum tuntas sebanyak 3 (12.5%). Simpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar gerak memukul permainan bola kasti pada peserta didik kelas V SD N Mangkubumen Kulon No. 83 Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata kunci : gerak memukul permainan bola kasti, hasil belajar, alat bantu pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 04 Jun 2018 12:02
    Last Modified: 04 Jun 2018 12:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41336

    Actions (login required)

    View Item