Efektivitas Media Maket Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Ruang Anak Tunanetra Kelas V SLB/A YKAB Surkarta Tahun Ajaran 2017/2018

SEJATI, RASMI (2018) Efektivitas Media Maket Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Ruang Anak Tunanetra Kelas V SLB/A YKAB Surkarta Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (723Kb)

    Abstract

    Rasmi Sejati.K5114036. EFEKTIVITAS MEDIA MAKET TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP RUANG ANAK TUNANETRA KELAS V SLB/A YKAB SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Mei 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitasmedia maket terhadap peningkatan pemahaman konsep ruang anak tunanetra kelas V SLB/A YKAB Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan subjek tunggal (single subject research) dengan desain A-B-A yaitu dimulai dengan pengukuran baseline 1 hingga data stabil, dan dilanjutkan dengan intervensi, langkah terakhir adalah pengukuran baseline 2. Subjek dalam penelitian ini adalah anak tunanetra kelas V di SLB/A YKAB Surakarta berjumlah satu anak. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes lisan dan tes unjuk kerja. Uji validitas yang digunakan adalah validitas isi, sedangkan reliabilitasnya menggunakan Inter-rater reliability dengan kesepakatan Kohen Kappa.Teknik analisis data yang diguna-kan adalah analisis deskriptif dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil analisis penelitian ini diperoleh rata-rata skor masing-masing subjek dalam tiga fase yaitu, fase baseline 1, fase intervensi dan fase baseline 2. Fase baseline 1, subjek mendapatkan rata-rata skor 130. Pada fase intervensi skor rata-rata meningkat yaitu, subjek mendapatkan skor 174,6. Pada fase baseline 2 mendapatkan skor rata-rata160. Adapun hasil analisis yang sudah dilakukan dari data yang telah diperoleh menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep ruang anak tunanetra kelas V dengan kestabilan 100% (stabil) ke 100% (stabil).Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media maket efektif terhadap peningkatan pemahaman konsep ruang anak tunanetra kelas V SLB/A YKAB Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Kata kunci: Media Maket, Pemahaman Konsep Ruang, Anak Tunanetra.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LC Special aspects of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 04 Jun 2018 11:56
    Last Modified: 04 Jun 2018 11:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41334

    Actions (login required)

    View Item