KEEFEKTIFAN TEKNIK MODELING AND ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN SELF LEADERSHIP PESERTA DIDIK KELAS X SMA BATIK 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Yantika, Prisa Sari (2018) KEEFEKTIFAN TEKNIK MODELING AND ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN SELF LEADERSHIP PESERTA DIDIK KELAS X SMA BATIK 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (531Kb)

    Abstract

    Abstrak Prisa Sari Yantika. K3113056. KEEFEKTIFAN TEKNIK MODELING AND ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN SELF LEADERSHIP PESERTA DIDIK KELAS X SMA BATIK 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan teknik modeling and role playing untuk meningkatkan self leadership peserta didik kelas X SMA Batik 2 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunaan metode penelitian eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Batik Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data dengan teknik angket self leadership. Kelompok eksperimen diberikan treatment berupa teknik modeling and role playing, sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan treatment. Uji validitas menggunakan korelasi product moment sedangkan uji reliabilitas alpha cronbach sebesar 0.895. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji paired t-test dan uji independent sample t-test. Hasil analisis Paired t-test dengan nilai sig (2-tailed) 0,00<0,05 sehingga ada peningkatan yang signifikan antara skor pretest dan skor posttest kelompok eksperimen. Paired t-test kelompok control dengan sig (2tailed) 0,810>0,05 sehingga peningkatan skor pretest dan skor posttest kelompok control tidak signifikan. Hasil analisis Uji Independent Sample T-test dengan nilai t-hitung 11,692 dengan signifikansi 0,00<0,05, maka diartikan bahwa ada perbedaan peningkatan gain score pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok melalui teknik modeling and role playing efektif untuk meningkatkan self leadership peserta didik kelas X SMA Batik 2 Surakarta Tahun ajaran 2017/2018. Kata Kunci :self leadership, modeling, role playing

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 04 Jun 2018 05:20
    Last Modified: 04 Jun 2018 05:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41325

    Actions (login required)

    View Item