Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemrograman Web di SMK Negeri 5 Surakarta

A, MUHAMAD HAVID A (2018) Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemrograman Web di SMK Negeri 5 Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1019Kb)

    Abstract

    Pendidikan sangat penting bagi kita, negara bisa maju karena orang-orangnya berpendidikan. Keberhasilan pendidikan ditentukan oleh kualaitas pendidikan itu sendiri. Untuk mengetahui kualitas pendidkan diperlukan hasil atau prestasi. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi adalah fasilitas. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adakah pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa; (2) Untuk mengetahui bagaimana tingkat fasilitas belajar yang ada; (3) Untuk mengetahui bagaimanakah prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran pemrograman web. Pengambilan sampel menggunakan sistem simple random sampling sebanyak 58 orang dari total populasi keseluruhan sebanyak 70 orang pada jenjang pendidikan formal. Metode yang digunakan dalam pengambilan data yaitu menggunakan quisioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis diketahui bahwa kedua variabel yaitu fasilitas belajar (X) dan prestasi belajar siswa (Y) mempunyai pengaruh yang positif, hal ini dibuktikan dengan r = 0,277 dimana pedoman yang digunakan untuk memberikan interpretasi yang dikemukakan oleh Sugiyono berada pada interval 0,20 – 0,399 yang mana termasuk dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dikemukakan oleh penulis yang mana terdapat pengaruh antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar dengan kategori rendah, maka perlu ditingkatkan efektifitas penggunaan fasilitas belajar serta dilakukan penelitian lain tentang faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar siswa selain fasilitas belajar. Fasilitas belajar yang ada sudah dalam kondisi yang baik dan lengkap. Prestasi belajar siswa juga sudah baik dengan rata-rata nilai di atas kriteria ketuntasan minimal.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 04 Jun 2018 04:58
    Last Modified: 04 Jun 2018 04:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41321

    Actions (login required)

    View Item