Religiusitas Orang Tua Dalam Orientasi Pemilihan Institusi Pendidikan Bagi Anaknya Di Kota Surakarta (Kasus Pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu)

P, MUHAMMAD ALFITRA (2018) Religiusitas Orang Tua Dalam Orientasi Pemilihan Institusi Pendidikan Bagi Anaknya Di Kota Surakarta (Kasus Pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (203Kb)

    Abstract

    Muhammad Alfitra Panatagama. K8411050. “RELIGIUSITAS ORANG TUA DALAM ORIENTASI PEMILIHAN INSTITUSI PENDIDIKAN BAGI ANAKNYA DI KOTA SURAKARTA (Kasus Pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu)”. Skripsi: Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Januari 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan utama orang tua memilih sekolah-sekolah di bawah naungan JSIT sebagai pilihan bagi anaknya dengan pilihan lokasi penelitian dilakukan di SDIT Nur Hidayah, SDI Internasional Al Abidin, dan SDIST Ibnu Qoyyim di Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pemilihan informan berupa purposive sampling. Pengumpulan data berasal dari wawancara. Informan terdiri atas 8 orang tua, 4 perwakilan sekolah, 4 Kepala Sekolah dan ketua JSIT Surakarta, observasi langsung dan dokumentasi. Pendekatan penelitian dipilih deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Dalam teknik validitas data, metode yang digunakan dengan langkah acak dan triangulasi sumber. Teknik analisis data dengan cara interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan serta verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) peran religiusitas orang tua dalam penentuan pilihan sekolah bagi anaknya (a) Keinginan orang tua melakukan internalisasi nilai dan norma agama sejak dini pada anaknya melalui lingkungan sekolah, dan (b) Sebagian dari orang tua menyadari akan keterbatasan dalam mempelajari ilmu agama dan menginginkan anaknya memiliki capain tertentu dalam ilmu agama seperti hafalan al-qur’an. (2) alasan utama orang tua memilih sekolah di bawah naungan JSIT bagi anaknya (a) Keinginan orang tua agar anaknya memiliki bekal agama, (b) Kesibukan orang tua dan minimnya waktu untuk memberikan bekal agama bagi anaknya dan (c) Sebagian sekolah di bawah naungan JSIT merupakan sekolah favorit. Dalam fenomena pengarus utamaan pemilihan sekolah-sekolah di bawah naungan JSIT oleh orang tua terhadap anaknya selaras dengan penggambaran teori tindakan rasional bertujuan oleh Max Weber dengan wujud internalisasi nilai dan norma agama terhadap anak sebagai bentuk interpretasi religius orang tua selaku umat beragama yang taat. Oleh karenanya mereka rela mengorbankan waktu maupun materi merefleksikan bentuk pengorbanan dan totalitas dalam beragama agar mendapat tujuan-tujuan yang dijanjikan oleh agama.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 04 Jun 2018 04:54
    Last Modified: 04 Jun 2018 04:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41320

    Actions (login required)

    View Item