Hubungan Antara Pemanfaatan Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kartasura

AZIZAH, NUR (2018) Hubungan Antara Pemanfaatan Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kartasura. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (468Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nur Azizah. K8413053. HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KARTASURA .Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hubungan antara pemanfaatan media pembelajaran siswa dengan prestasi belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kartasura. (2) hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kartasura. (3) hubungan antara pemanfaatan media pembelajaran dan minat belajar dengan prestasi belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kartasura. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA 1 Kartasura yang berjumlah 163 siswa. Sampel yang digunakan sejumlah 60 siswa yang diambil dengan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis korelasi ganda. Kesimpulan penelitian ini bahwa : (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara media pembelajaran dengan prestasi belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kartasura dengan nilai r Pearson sebesar 0,573 dan angka signifikansi 0,000, (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kartasura dengan nila r Pearson sebesar 0,587 dan angka signifikansi 0,000, (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara media pembelajaran dan media belajar dengan prestasi belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kartasura dengan Fhitung 30,053 dan angka signifikansi 0,000. Jadi dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran dan minat belajar secara bersama-sama memiliki memiliki Hubungan yang positif dan signifikan dengan prestasi belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kartasura. Kata Kunci : Media Pembelajaran , Minat Belajar , Prestasi Belajar Sosiologi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 04 Jun 2018 04:42
    Last Modified: 04 Jun 2018 04:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41316

    Actions (login required)

    View Item