EFEKTIVITAS METODE BERCERITA TERHADAP KEDISIPLINAN ANAK USIA 5-6 TAHUN

ATI, HUSNUL MAR (2018) EFEKTIVITAS METODE BERCERITA TERHADAP KEDISIPLINAN ANAK USIA 5-6 TAHUN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (119Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Husnul Mar’ati. EFEKTIVITAS METODE BERCERITA TERHADAP KEDISIPLINAN ANAK USIA 5-6 TAHUN. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya efektivitas metode bercerita terhadap kedisiplinan anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment. Desain penelitian menggunakan Between Subject Design. Sampel penelitian kelompok eksperimen sebanyak 21 anak usia 5-6 tahun kelompok B di TK Bilal Bin Rabah Kebakkramat dan sampel kelompok kontrol sebanyak 21 anak usia 5-6 tahun kelompok B di TK Pertiwi Macanan Kebakkramat. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif quasi experiment dengan desain Between Subject Design. Uji validitas instrumen menggunakan Corrected Item-Total Correlation. Teknik pengumpulan data menggunakan checklist, wawancara, dan dokumentasi untuk mengetahui perilaku disiplin anak. Uji normalitas dan homogenitas menggunakan Kolmogorov Smirnov dan Levene Test for Equality of Variances. Analisis data penelitian menggunakan statistik parametrik setelah data dinyatakan normal dan homogen dengan taraf signifikansi >0,05. Uji hipotesis menggunakan Independent sample t-test dengan IBM SPSS Statistic 23. Hasil analisis data menunjukkan, pertama, hasil kedua kelompok menunjukkan adanya peningkatan. Nilai skor rata-rata kelompok eksperimen dari 3,80 pada saat pretest menjadi 5,52 pada saat posttest dan kelompok kontrol dari 3,66 pada saat pretest menjadi 4,71 pada saat posttest. Kedua, nilai R-Square 0,661 yang artinya terdapat efektivitas metode bercerita terhadap kedisiplinan anak usia 5-6 tahun sebanyak 66%, dan sisanya sebanyak 34% dipengaruhi faktor lain. Hal ini dibuktikan dengan kedisiplinan anak yang semakin meningkat dalam menaati aturan sekolah. Kata kunci : metode bercerita, disiplin, anak usia 5-6 tahun

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 04 Jun 2018 04:25
    Last Modified: 04 Jun 2018 04:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41312

    Actions (login required)

    View Item